blank
Peserta Nafa Scouting Camp bersama Kamabigus MTs Nahdlatul Fata Petekeyan

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Pasukan khusus (Passus) Pramuka di berbagai pangkalan Pramuka baik di madrasah maupun sekolah adalah sebuah kebutuhan.  Di MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Pasukan Khusus tersebut dinamakan Satrama ( Satuan Regu Utama).

Satrama memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai garda terdepan penggerak Pramuka di pangkalan MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan,  membersamai anggota pramuka baru untuk mengembangkan potensi kepramukaannya,  dan menjadi Tim Pramuka yang siap diterjunkan di berbagai lomba dan kejuaraan baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

blank
Penyematan tanda peserta putra

Kegiatan Nafa Scouting Camp dilaksanakan pada hari ini, 7-8 Desember 2023 bertempat di lapangan Telukawur Jepara dan halaman gedung Tahfidh MTs Nahdlatul Fata Petekeyan.  Berbagai materi kepramukaan, kepemimpinan, dan permainan disajikan untuk membekali mereka agar menjadi pribadi yang tangguh, unggul, mandiri, dan berkepribadian mulia. Diantaranya Materi Dasar Kepramukaan, Dinamika kelompok, Wawasan Bahari, Api unggun, Malam Kreasi dan Pentas seni, dan  Ujian Syarat Kecakapan Umum ( SKU).

blank
Penyematan tanda peserta putri olehKamabigus MTs Nahdlatul Fata, H. Subekhan

Arif Amiruddin, Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan Nafa Scouting Camp merupakan wahana candradimuka penggemblengan mental, skill, dan kepemimpinan Pramuka yang harus diikuti calon anggota Satrama. ” Tim Satrama harus dipersiapkan dengan baik dan berkesinambungan agar tugas yang diemban sesuai harapan,” tuturnya.

blank
Para pembina turut mengawal kegiatan Nafa Scouting Camp

Sementara Kamabigus MTs Nahdlatul Fata, H. Subekhan mengingatkan kepada peserta agar mengikuti Nafa Scouting Camp dengan sungguh-sungguh. “Adik-adik adalah calon pemimpin depan, harus kuat, tangguh, dan memiliki kecakapan. Sejarah membuktikan Satrama MTs Nahdlatul Fata telah menorehkan prestasi luar biasa. Ada yang pernah dikirim ke Cibubur Jakarta dalam kegiatan Jambore Nasional, dikirim ke tingkat Jawa Tengah dalam kegiatan Persimanu, dan tingkat Kabupaten Jepara pernah menyabet Juara Umum dalam Perkemahan Hari Santri Nasional di Pantai Bandengan Jepara,” tegasnya.

blank
Kak Arif Gunawan sampaikan materi kepramukaan

Oleh karena itu, lanjut H. Subekhan Tim Satrama harus mampu mempertahankan tradisi juara dan berprestasi lebih baik lagi.

Seluruh peserta Nafa Scouting Camp akan menempuh perjalanan dari Telukawur sampai ke Petekeyan sebagai pusat kegiatan Malam Kreasi dan Pentas seni. Di tengah perjalanan peserta akan melewati beberapa Pos untuk menguji ketangkasan dan kecakapan kepramukaan. Sebagai puncak acara peserta akan mengikuti kegiatan Upacara Api Unggun dan Pelantikan Satrama tahun 2023-2024.

Hadepe –  Sub