blank
Personel Satlantas Polres Wonogiri tampil menjadi instruktur dalam pembimbingan praktik teknik bermotor yang baik, benar, aman dalam safety riding.(Dok.Humas Polres Wonogiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Satlantas Polres Wonogiri Pimpinan Kasat Lantas AKP Edy Prasetyo, memberikan pembimbingan teknik safety riding. Pembimbingan tentang keselamatan berkendaraan ini, diberikan kepada 300 orang karyawan PT Permodalan Madani Nasional (PMN) Cabang Wonogiri.

Safety riding merupakan suatu bentuk perilaku berkendara yang aman dan nyaman. Safety riding awareness atau berkesadaran mengendara dengan aman dan nyaman, diperlukan oleh siapa pun, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Minggu (3/12), mengabarkan, pembimbingan dilakukan di komplek Gedung Sasono Mulyo. Berlokasi di Klampisan, Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kepada para peserta, diberikan bekal pengetahuan dan bimbingan ketrampilan tentang teknik mengendarai sepeda motor yang benar dan baik. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan, utamanya guna menghindari fatalitas korban.

”Sebagai langkah edukasi, kita laksanakan pembimbingan tentang safety riding kepada para karyawan. Sebagai bekal pengetahuan dan pemberian bimbingan ketrampilan bersepeda motor yang baik, benar dan aman,” tegas AKP Edy Prasetyo.

Kamseltibcarlantas

Pembimbingan yang diberikan, meliputi teori yang diberikan di dalam gedung, dan praktik mengendarai motor di halaman gedung. Meliputi teknik menghidupkan mesin, mulai mengendarai, cara mengerem, dan cara mengendarai motor sesuai rambu serta aturan lalu lintas.

Termasuk pentingnya mengedepankan aspek untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). Dalam pembimbingan praktik, mereka diasuh oleh instruktur berpengalaman dan bersertifikat sebagai pelatih.

Tujuannya, supaya para pemotor menguasai teknik berkendaraan, agar saat mengendarai kendaraan di jalan raya, mampu ikut mendukung terciptanya keamanan keselamatan, baik bagi dirinya sendiri maupun para pemakai jalan lainnya. Agar tercipta Kamseltibcarlantas dan terhindarkan dari kecelakaan.

Menurut Kasatantas Polres Wonogiri AKP Edy Prasetyo, pembimbingan safety riding ini perlu terus digelorakan, dan disosialisasikan ke warga masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi terampil mengendarai kendaraan di jalan, taat dan tertib serta patu terhadap peraturan berlalulintas. Ini sebagai upaya membudayakan Kamseltibcarlantas kepada warga masyarakat, untuk ikut bersama-sama mencegah fatalitas korban Lakalantas.
Bambang Pur