blank
Suasana Training Public Speaking yang digelar Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakartadan diikuti 15 Staff PMB dan empat StafPromosi. Foto: Humas UMS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Training Public Speaking bagi staf penerimaan mahasiswa baru dan staf promosi, di Ruang One day Service (ODS) Gedung Induk Siti Walidah Kamis (30/11/2023).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diikuti 15 Staf PMB dan empat Staf Promosi.  Staf Promosi PMB UMS, Vidi Novia Putra, S.M., memaparkan, mulai bulan Desember 2023 banyak acara seperti expo kampus, kunjungan, dan lainnya yang waktunya bersamaan.

Dengan demikian, PMB UMS harus melatih public speaking staf yang bertugas di ruang ODS supaya mempunyai bekal guna mengikuti acara dimaksud.

“Kegiatan diawali rapat koordinasi oleh Kepala Bagian Admisi dan Akademik Biro Administrasi Akademik (BAA) UMS, Ratnanto Fitriadi, M.T., dilanjutkan Training Public Speaking oleh Singgih Eko Yudhistira, S.I.Kom., dari Bagian Humas UMS,” kata Vidi Novia Putra.

Sementara itu Singgih Eko Yudhistiro, S.I.Kom.,selaku Pemateri Public Speaking,  menyampaikan  tentang bagaimana pentingnya menarik perhatian pada pandangan pertama lawan bicara.

Kunci utama yang menyebabkan lawan bicara menjadi tertarik kepada apa yang kita sampaikan, yaitu dengan pembahasan yang menurut mereka dekat. Juga diberikan beberapa  teknik dalam public speaking, sehingga bisa mengupas beberapa layer yang ada pada lawan bicara .

Hal demikian menjadikan lawan bicara menjadi tertarik dengan apa yang disampaikan. Kepada peserta diminta untuk mempraktikkan, sekaligus mensimulasikan apa yang dipelajari . Sehingga dapat mengetahui secara langsung mana yang sudah sesuai dan mana yang perlu diperbaiki.

Bagus Adji