blank
Dialog yang disiarkan TVKU bersama tiga narasumber, berlangsung secara interaktif dengan penonton di rumah. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum MUI Jawa Tengah, Dr KH Ahmad Darodji MSi, mengajak kepada sekitar 25 juta masyarakat pemilih yang ada di provinsi ini, untuk menggunakan hak pilihnya, pada Pemilu yang akan dilaksanakan Rabu, 14 Februari 2024.

”Jangan Golput dan jangan takut berbeda pilihan. Yang penting semua pihak harus saling menghargai pilihannya masing-masing, menjaga persatuan dan kesatuan. Pemilu adalah pesta demokrasi melalui mekanisme lima tahunan,” ajak Kiai Darodji, pada dialog interaktif pada program ‘Ulama Menyapa’, MUI Jateng, di TVKU, yang dipandu Myra Azzahra, Senin (27/11/2023).

Ditegaskan dia, kontribusi MUI Jateng untuk suksesnya Pemilu 2024, yakni dengan menyelenggarakan empat kali seminar bertema pemilu damai. Empat Topik yang diusung, masing-masing adalah, Pemilu adalah Pesta Bukan Petaka, Menemukan Pemimpin yang Baik, Janji Pemilu adalah Utang dan Kemenangan Pemilu adalah Kemenangan Bersama.

BACA JUGA: Pemkab Demak Bagikan Bonus untuk Atlet dan Pelatih

Direncanakan, menjelang Pemilu 2024, MUI Jateng akan memberikan naskah khutbah di 35 masjid kabupaten/kota, dengan tema ‘urgensi pemilu damai’, sekaligus mengajak masyarakat untuk tidak golput. Naskah khutbah akan dicetak dalam bahasa Indonesia dan Jawa.

Selain Kiai Darodji, tampil pula sebagai narasumber Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu, dan Agung Kristiyanto (Badan Kesbangpol Jateng).

Dalam pemaparannya, Kombes Pol Bayu menegaskan, untuk mengamankan Pemilu 2024, Polda Jateng mengerahkan sebanyak 22.746 personelnya, serta didukung sekitar 5.000 anggota TNI. Pengaman dimulai 29 Oktober 2023 hingga 30 Oktober 2024. Hal yang diamankan termasuk pengamanan VVIP.

BACA JUGA: Ganjar Kampanye Hari Pertama di Merauke, Mahfud di Sabang

Disebutkan juga olehnya, Polda Jateng akan terus memetakan daerah yang dianggap rawan kerusuhan. Langkah antisipasi yang disiapkan meliputi cooling system, pendekatan intens kepada tokoh masyarakat, memasifkan patroli cyber di dunia maya, serta aktif memeringatkan atas berbagai ujaran kebencian di medsos.

”Kita selalu aktif bersama TNI, untuk mengamankan Jateng. Termasuk kegiatan deklarasi pemilu damai, akan sangat membantu menciptakan kondusivitas keamanan,” tegasnya.

Sementara itu, Badan Kesbangpol Jateng dalam mendukung Pemilu 2024, di antaranya menggelar deklarasi pemilu damai, menegakkan dan menjaga netralitas ASN, serta memperbanyak pendidikan politik kepada ormas, generasi muda, serta masyarakat luas.

Riyan