blank
Tim PkM Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menggelar Psikoedukasi "Peningkatan Pemahaman Keberfungsian Keluarga pada Orang Tua" di Wilayah RT 08 RW VI Tlogosari Kulon pada 25 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim PkM Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menggelar Psikoedukasi “Peningkatan Pemahaman Keberfungsian Keluarga pada Orang Tua” di Wilayah RT 08 RW VI Tlogosari Kulon pada 25 November 2023.

Tim PkM terdiri atas Ketua Martha Kurnia Asih MSi, beranggotakan Sri Widyawati MSi, Psikolog, Retno Ristiasih Utami MSi Psikolog serta dua mahasiswi.

Ketua tim PkM USM, Martha Kurnia Asih MSi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemahaman warga bahwa keluarga sebagai satu tim berperan besar dalam perkembangan anak dan kesejahteraan psikologis anggota keluarga yang lain.

“Komitmen awal pernikahan harus diperbarui disesuaikan dengan situasi dan kondisi keluarga sehingga fungsi keluarga dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut direspons dengan baik oleh warga yang antusias menghadiri dan berdiskusi tentang masalah keluarga yang dialami.

“Kegiatan ini dihadiri tidak hanya oleh para ibu tetapi juga bapak-bapak dan anak-anak. Pemaparan materi dan diskusi berjalan dengan baik dan warga RT 08 RW VI Tlogosari Kulon banyak menyampaikan berbagai masalah yang sehari-hari dialami,” ujarnya.

Dia mengatakan, peran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan sosial budaya, pendidikan, ekonomi, perlindungan, keagamaan, kasih sayang, rekreatif dan reproduksi banyak dibahas dalam kegiatan psikoedukasi ini mengingat banyaknya masalah dalam keluarga yang melatarbelakangi gangguan perilaku akhir-akhir ini.

“Kami berharap, masyarakat mengerti bahwa keberfungsian keluarga harus selalu ditingkatkan melalui kerja sama seluruh anggota keluarga sebagai tim,” pungkasnya.

Muhaimin