blank
ilustrasi makan makanan tengah malam. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Makan tengah malam mungkin disebabkan oleh asupan makanan siang hari yang terlalu dibatasi sehingga menyebabkan rasa lapar di malam hari. Namun, makan tengah malam juga dikaitkan dengan beberapa gangguan makan, termasuk gangguan makan berlebihan dan sindrom makan malam.

Makan malam memang tidak dilarang dan bahkan bagus untuk kesehatan jika makanan yang dikonsumsi sehat dan kamu masih makan pada jam makan malam yang disarankan.

Dampak buruk makan tengah malam yang perlu diwaspadai adalah berpotensi meningkatkan berat badan, kadar gula darah, dan kolesterol. Ketiganya bisa jadi pemicu penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Baca Juga: Penggemar K-Drama Pasti Tahu, Ini 5 Makanan Tradisional Korea yang Dapat Kamu Coba

Apakah kalian sering melakukan makan malam lewat jam makan yang seharusnya? Atau kalian adalah seeorang yang mudah lapar dan sering makan lagi saat sudah sangat malam, bahkan menjelang tidur? Dilansir dari Suara.com, sebaiknya kalian segera hentikan kebiasaan tersebut karena hal tersebut bisa memicu bahaya bagi tubuh.

Melansir dari Halodoc, bahwa jika seseorang makan terlalu malam atau melewati jam 10 malam maka akan menimbulkan beberapa hal yang dapat memicu gangguan kesehatan. Berikut adalah 4 dampak berbahaya jika seseorang makan lebih dari jam 10 malam.

1. Berat Badan Naik

Salah satu bahaya makan tengah malam adalah dapat meningkatkan risiko berat badan naik. Hal ini terjadi karena pada malam hari biasanya seseorang tidak banyak beraktivitas. Selain itu juga bisa memicu tingkat kolesterol dan trigliserida. Mengingkatnya dua kadar tersebut juga bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Tips Menyimpan Makanan Dari Serbuan Semut

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Orang yang sering makan tengah malam juga cenderung mengalami peningkatan glukosa dan insulin dalam tubuh. Peningkatan kadar insulin dan glukosa bisa membuat energi berkurang. Selain itu, tingginya kadar glukosa dan insulin juga bisa meningkatkan risiko diabetes.

3. Sulit Berkonsentrasi

Saat makan tengah malam, biasanya seseorang akan cenderung memilih makanan instan yang minim akan
kandungan gizi, bahkan tidak sehat. Jika ini terjadi terus-menerus, pola konsumsi dengan zat gizi yang minim bisa merusak kemampuan sesorang berkonsentrasi.

4. Menyebabkan Asam Lambung Naik

Kenaikan asam lambung bisa dipicu jika sseorang makan tengah malam. Hal ini karena jarak antara makan dan tidur yang terlalu dekat. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka gangguan asam lambung bisa berkembang menjadi penyakit GERD.

Saat asam lambung naik ke kerongkongan, juga bisa menimbulkan rasa sakit di tenggorokan akibat iritasi yang dipicu oleh asam lambung tersebut.

Baca Juga: Lima Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Asam Urat

Tips Menghindari Makan Tengah Malam

1. Hindari Konsumsi Junk Food

Jika merasa lapar pada malam hari, hindari junk food atau makanan siap saji. Usahakan tetap konsumsi makanan sehat. Jika memungkinkan berikan jeda sekitar 2 jam setelah makan malam untuk kemudian tidur.

2. Hindari Stres

Kondisi stres bisa menimbulkan nafsu makan yang besar. Maka dari itu, sangat penting untuk merasa tenang sebelum tidur malam, agar makan di waktu ini bisa dihindari.

3. Konsumsi Apel atau Kacang-Kacangan

Jika makan malam terlalu awal, maka rasa lapar akan cepat muncul dan bisa membuat seseorang makan saat tengah malam. Apalagi jika terbiasa tidur larut malam. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya masukkan makanan seperti apel maupun kacang-kacangan ke dalam menu makan malam, agar dapat merasa kenyang lebih lama.

Itulah bahaya makan tengah malam dan cara mengatasinya.

Claudia