blank
Dalam pertemuannya dengan ulama se-Papua, Ganjar memberikan gambaran tentang pembangunan SDM yang harus merata. Foto: tmgp

JAYAPURA (SUARABARU.ID)– Sejumlah ulama Papua dan Calon Presiden (Capres) RI 2024 Ganjar Pranowo, sepakat membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, di Bumi Cendrawasih. Percepatan harus diperlukan, agar akses pendidikan bisa merata di semua wilayah di Indonesia, khususnya di daerah-daerah terpencil.

Kesepakatan itu terwujud, ketika Ganjar bersilaturahmi dengan sejumlah ulama dan masyayikh se-Papua, di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Anwar, Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (22/11/2023).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri masyarakat umum itu, Ganjar berdiskusi tentang problem SDM, khususnya di Papua yang masih tertinggal, dan belum mendapat perhatian serius dari pemerintah.

BACA JUGA: Suasana Penuh Suka Cita Muncul Ketika Mama Wati Jumpa Capres Ini

”Saya tinggal di daerah namanya Pos 7. Kami sangat prihatin sekali, karena anak-anak yang masih kecil, tapi sudah merokok dan terjerat narkoba,” ungkap Sri Susilowati, salah satu tokoh masyarakat di Papua.

Sri bercerita, sudah berulang kali mencoba melaporkan ke pihak-pihak terkait, namun belum ada tindakan yang berarti sampai sekarang ini. Karenanya, dia berharap jika Ganjar menjadi presiden, dia bisa fokus pada pembangunan SDM di Papua.

”Sehingga anak-anak bisa terhindar dari tindakan negatif. Seandainya terpilih jadi presiden, mohon Bapak Ganjar berikan perhatian untuk pembangunan SDM di Papua,” pinta Sri.

BACA JUGA: Jurnalis Bershalawat, Melangitkan Doa untuk Kudus Aman dan Damai

blank
Ganjar saat memberikan keterangannya kepada sejumlah awak media, usai pertemuannya dengan para ulama se-Papua. Foto: tmgp

Mendapatkan masukan itu, Ganjar menyatakan, dirinya memang fokus untuk pembangunan SDM yang merata di seluruh Indonesia. Menurutnya, SDM unggul adalah kunci Indonesia Emas 2045.

”Pembangunan SDM memang menjadi salah satu prioritas kami. Kami meyakini, Indonesia maju hanya bisa terwujud, jika SDM kita unggul. Dan ini mesti harus cepat,” sebutnya.

Menyiapkan SDM unggul, lanjut Ganjar, tidak hanya bisa dipasrahkan pada sekolah. Peran keluarga sangat penting, agar anak-anak tidak terjerumus dalam hal negatif, yang bisa mengancam masa depannya.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kudus Minta Semua Pihak Komitmen Melaksanakan Pemilu 2024 Secara Bermartabat

”Pendidikan parenting pada orang tua juga harus ditingkatkan, agar mereka bisa mengawasi dan mendidik anak-anak dengan baik,” imbuhnya.

Selain pendidikan parenting, menurut Ganjar, orang tua harus mampu mengarahkan anak-anaknya, agar dapat menjalani kegiatan positif. Misalnya, anak-anak diarahkan pada bakat dan minat masing-masing.

Terkait persoalan narkoba, Ganjar menyampaikan, hal itu merupakan problem yang sangat mendesak untuk diselesaikan. Karenanya, dia ingin semua pihak terlibat dalam memberantas barang haram itu.

”Peran ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat sangat penting, untuk memberikan edukasi. Di sini juga ada perwakilan partai politik. Kalau ada kejadian seperti itu, mereka juga harus turun. Ini penting, karena memberantas narkoba itu harus dilakukan secara bersama-sama,” pungkasnya.

Riyan