blank
Kirap Budaya Ratu Kalinyamat oleh siswa-siswi SMAN 1 Bangsri

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ratu Kalinyamat baru saja dinobatkan sebagai salah satu pahlawan nasional di Indonesia 10 November 2023. Untuk meningkatkan kecintaan kepada Ratu Kalinyamat ribuan siswa SMA Negeri 1 Bangsri, Rabu 22 November 2023 sore, menggelar Kirab budaya Ratu Kalinyamat.

Kirab budaya ini diikuti sedikitnya 1.058 siswa, guru serta karyawan SMA N 1 Bangsri. Di awali dari tokoh Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin dengan menggunakan kereta kuda. Kemudian disusul para guru dan karyawan dengan mengenakan pakaian adat kebaya.

blank
Kirab budaya ini diikuti sedikitnya 1.058 siswa, guru serta karyawan SMA N 1 Bangsri

Selanjutnya di barisan belakang kelas Fase E dan F menampilkan kirab  kearifan lokal dari tiap kecamatan yang ada di Jepara. Sedangkan kelas XII mengangkat tema keanekaragaman budaya nusantara. Mulai dari budaya Jawa, Sumatra, hingga Kalimantan. Kirab juga dimeriahkan dengan marchingband SMA N 1 Bangsri.

Rute kirab diawali dari SMA Negeri 1 Bangsri menuju Lapangan Bangsri. Para peserta kirab diwajibkan untuk berjalan kaki. Kirab budaya ini sekaligus menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa Ratu Kalinyamat adalah tokoh pahlawan nasional yang menjadi kebanggan warga Jepara.

blank
Kirab budaya dalam rangka HUT SMAN 1 Bangsri

Kepala Sekolah SMA N 1 Bangsri Ngaripah mengatakan, kegiatan kirab budaya ini dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun SMA Negeri 1 Bangsri tahun 2023. Ia ingin mengajak siswa untuk menyapa masyarakat sekaligus untuk menyampaikan pesan perjuangan Ratu Kalinyamat.

“Kirab budaya ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis dan juga projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Di mana para siswa ini diajak menumbuhkan semangat kecintaan terhadap kearifan budaya  daerah di Jepara termasuk tokoh pahlawan bangsa yang berasal dari Jepara,” kata Ngaripah.

Menurutnya, keberhasilan mendapat gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat adalah perjuangan luar biasa yang patut disyukuri seluruh masyarakat Jepara. Gelar pahlawan ini, harus ditindaklanjuti dengan semangat merawat budaya bangsa.

“Tugas kita bersama untuk meneruskan perjuangan Ratu Kalinyamat sebagai tokoh nasional,” kata dia.

Selain, kirab budaya rangkaian kegiatan ulang tahun SMA N 1 Bangsri juga akan menampilkan pementasan karya seni siswa dan juga stand pameran kearifan lokal per kecamatan yang akan dilaksanakan besok pada Kamis 23 November 2023.

Hadepe – Galuh