ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Handuk merupakan salah satu benda yang sangat sering digunakan dalam rutinitas sehari-hari. Kita mengandalkannya untuk membersihkan tubuh setelah mandi, mencuci tangan, atau menghapus make-up.

Dilansir dari Suara.com, mencuci handuk harus dilakukan secara rutin. Hal itu tentunya untuk menjaga handuk tetap bersih dan tidak bau apak. Handuk adalah salah satu perlengkapan mandi yang sering digunakan untuk mengeringkan tubuh. Untuk menjaganya tetap bersih, tentu handuk harus sering dicuci.

Berbagai situs kesehatan merekomendasikan kita untuk rutin mencuci handuk mandi setelah tiga hingga empat kali penggunaan. Bila perlu, cuci handuk setiap dua kali dalam seminggu. Handuk menyerap banyak air dari tubuh sehingga mudah lembap. Inilah yang akan membuat kuman lebih mudah untuk berkembang biak

Baca Juga:Tips Jaga Kesehatan Mata

Dikutip dari Halodoc, handuk yang tidak dibersihkan secara berkala dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatanmu? berikut pentingnya menjaga kebersihan handuk secara rutin.

Benarkah Handuk Sarang Kuman dan Kotoran?

Jamur, bakteri, dan kuman dapat berkembang biak pada handuk yang tidak dibersihkan secara teratur. Jamur seperti yang menyebabkan infeksi kulit dan bakteri seperti Staphylococcus bisa menjadi ancaman serius jika terpapar kulit melalui handuk.

Infeksi seperti jerawat atau bahkan penyakit lebih serius seperti hepatitis A atau C juga dapat disebabkan oleh kebersihan handuk yang kurang terjaga.

Baca Juga: Taukah Kamu Lebih Bahaya Sinar UVA atau UVB bagi Kesehatan Kulit? Yuk Simak…

Alasan Mengapa Handuk Perlu Dicuci secara Berkala

1. Kuman dan Bakteri

Setiap kali kamu menggunakan handuk, ia menyerap kotoran dan bakteri dari kulitmu. Jika tidak dicuci secara rutin, handuk ini bisa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan virus penyebab infeksi kulit, jerawat, bahkan penyakit serius.

2. Bau Tidak Sedap

Handuk yang tidak dibersihkan dengan baik bisa mengeluarkan bau tidak sedap akibat pertumbuhan bakteri. Ini bisa menciptakan lingkungan tidak nyaman di kamar mandi atau kamar tidurmu.

3. Kesehatan Kulit

Kebersihan handuk juga memengaruhi kesehatan kulitmu. Jika tidak dicuci secara teratur, handuk dapat menumpuk minyak dan kotoran dari kulit, menyebabkan jerawat dan iritasi kulit.

Baca Juga: Dapat Mengembalikan Suasana Hati, Ini 5 Keuntungan Berkebun Bantu Jaga Kesehatan Jiwa dan Raga

4. Umur Pakai Handuk

Handuk yang dirawat dengan baik akan bertahan lebih lama. Jika kamu menjaga kebersihannya, handuk tidak akan cepat rusak atau berjamur.

5. Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan handuk juga berdampak pada kebersihan lingkungan. Mencuci handuk dengan rutin membantu mencegah masalah kebersihan di rumah, terutama di area kamar mandi dan kamar tidur.

Tips untuk Menjaga Kebersihan Handuk

1. Cuci handuk secara teratur, minimal sekali seminggu, dengan air panas dan deterjen kuat untuk membunuh kuman.
2. Hindari membagikan handuk dengan orang lain untuk menghindari penyebaran bakteri.
3. Jemur handuk setelah digunakan untuk mencegah kelembaban berlebih yang mendukung pertumbuhan bakteri.
4. Jangan mencampur cuci handuk dengan pakaian dalam atau benda kotor lainnya yang dapat menularkan kuman.
5. Jaga kebersihan handukmu bukan hanya tentang menjaga kesehatan pribadi, tetapi juga berdampak pada kesehatan kulit dan lingkungan di sekitarmu. Dengan mencuci dan merawat handuk secara rutin, kamu dapat menghindari risiko infeksi dan menjaga kualitas handukmu agar tetap tahan lama.

Claudia