Pembukaan Danramil 01 Cup I ditandai dengan tendangan bola jauh oleh Danramil 01 Mayor Inf Arief Rahman Hakim Wambrauw, Camat Semarang Barat Elly Asmara dan Perwakilan Polsek Semarang Barat di Lapangan Karangayu, Kota Semarang, Senin sore (20/11/2023). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID)  – Menjaga sportivitas, baik di dalam maupun di luar lapangan, merupakan pesan yang disampaikan Mayor Inf Arief Rahman Hakim Wambrauw, dalam pembukaan turnamen sepak bola Danramil 01 Cup I, di Lapangan Karangayu Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Senin sore (20/11/2023).

Pesan Komandan Koramil 01/Semarang Barat Kodim 0733/Kota Semarang tersebut, merupakan latar belakang digelarnya Danramil 01 Cup I tersebut, sebagai upaya untuk menghilangkan pandangan atau anggapan negatif tentang event tunamen sepak bola.

Dengan harapan, segala sumber daya daya yang ada di Kecamatan Semarang Barat bisa tereksplor, sehingga masyarakat bisa tau jika ternyata di Semarang Barat ada lapangan sepakbola, yang mewadahi dan bisa dipakai.

“Harapan kita, (Danramil 01 Cup) ini menjauhkan event sepakbola bola ini dari unsur (pandangan) negatif, yang katanya main bola itu bikin ribut, tawuran, masyarakatnya malah gak akur. La (pandangan) ini kita kikis, kita kawal sama-sama, kita buat semuanya benar-benar aman, lancar, sehingga masyarakat tahu sepakbola ini ternyata untuk menyatukan kita semua,” harap satu-satunya Danramil Alumni Akmil di Kota Semarang ini.

Diungkapkan pula, jika event Danramil 01 Cup itu dibuat karena berkeinginan untuk membuat hal yang berbeda, yang bertepatan dengan momen Piala Dunia U 17, yang diselenggarakan di Indonesia. Kemudian, karena ingin memanfaatkan Lapangan Karangayu yang sudah lama tidak terpakai, terselenggaralah kegiatan tersebut.

“Saya lihat di wilayah saya ini lapangan Karangayu sudah lama tidak terpakai. Jadi kita ingin sekali membuat apa-apa saja yang ada di Semarang Barat ini menjadi timbul dan muncul kembali,” ungkap Mayor ARH, sapaan akrabmya.

Selain menyelenggarakan Danramil 01 Cup I, yang diikuti peserta dewasa usia 20-50 tahun dari 16 kelurahan di Semarang Barat, Mayor ARH juga berencana akan menyelenggarakan even tunamen sepak bola anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada bulan Desember 2023 mendatang.

“Anak-anak SD mainnya di lapangan Terang Bangsa, kemudian anak-anak SMP mainnya di (Lapangan) Ngemplak Simongan. Pemainnya harus rekomendasi Kepala Sekolahnya masing-masing, jika anak (pemain) itu benar-benar sekolah di tempat itu. Yang sekolahnya ada di Kecamatan Semarang Barat,” jelasnya.

Apresiasi Wadah Silaturahmi 

Camat Semarang Barat Elly Asmara, memberikan apresiasi atas inisiatif Danramil 01 Semarang Barat yang mengadakan Turnamen Sepak Bola Danramil 01 Cup I, yang diikuti oleh masyarakat di kelurahan se Kecamatan Semarang Barat dan sebagai wadah silaturahmi antar kelurahan agar masing-masing saling mengenal, sehingga timbul atau muncul hal-hal positif.

Jadwal Pertandingan Turnamen Sepak Bola Danramil 01 Cup I TA 2023, yang diikuti oleh 16 kelurahan se Kecamatan Semarang Barat, yang digelar di Lapangan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Foto : Dok Absa

“Saya sangat mengapresiasi sekali dan harapannya, kegiatan ini juga untuk mencari bibit-bibit pemain bola yang handal, yang selama ini tersembunyi, yang ada di wilayah Kecamatan Semarang Barat. Selain itu, setelah (kegiatan) ini pasti kekompakan akan meningkat antar unsur tiga pilar, dari Kecamatan, Koramil, Polsek dan warga masyarakat, yang akan disatukan dengan olahraga,” terangnya saat  hadir dalam pembukaan Danramil 01 Cup I.

Lurah Karangayu Noor Chasanah menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya Danramil 01 Cup I di wilayahnya, yang ada di RW 01 Kelurahan Karangayu. Karena dengan kegiatan tersebut, dapat menyemarakan kembali Lapangan Karangayu, yang sudah lama tidak dimanfaatkan.

“Kami sangat mendukung dan ini luar biasa sekali. Karena selama kurun dua tahun ini vakum untuk kegiatan di tingkat kecamatan. Jadi kami mengucapkan terimakasih sekali kepada Danramil Semarang Barat, yang telah menyelenggarakan Danramil Cup di Lapangan Karangayu, sehingga mengangkat kembali pamor Lapangan Karangayu seperti dulu,” ujarnya di sela-sela pertandingan pembuka.

Dalam pertandingan pembuka sesuai jadwal antara tim Kelurahan Tambakharjo vs Kelurahan Manyaran dimenangkan oleh tim Kelurahan Manyaran dengan skor 3:1 dalam adu finalti. Sedangkan pertandingan kedua antara tim Kelurahan Krapyak vs Kelurahan Kalibanteng Kulon dimenangkan oleh tim Kelurahan Krapyak dengan skor 1:0.

Absa