blank
Ganjar memperlihatkan kado atau bingkisan yang diberikan ke Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, berupa topi sekolah anak SD dan kaos bertuliskan,'Pilpres Sementara Sahabat Selamanya'. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ada yang spesial saat perayaan 13 Tahun Mata Najwa, sebuah acara talk show yang dipandu Najwa Shihab. “Tuan rumah Najwa” menghadirkan tiga pasangan Calon Presiden 2024 di atas satu panggung, di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (19/11/2023) malam.

Acara yang disiarkan secara live di channel YouTube Najwa Shihab itu, hadiah dari Ganjar Pranowo menjadi perhatian. Bingkisan yang disiapkan secara khusus itu, bukan sekadar hadiah, tapi memiliki makna yang dalam, untuk Indonesia ke depan.

Pertama, capres nomor urut tiga itu memberikan bingkisan kepada Prabowo Subianto, kemudian ke Anies Baswedan. Oleh Anies, kado itu langsung dibuka, dan ternyata isinya sebuah topi SD berlogo Tut Wuri Handayani, serta kaos bergambar wajah tiga Capres dengan tulisan ‘Pilpres Sementara Sahabat Selamanya’.

BACA JUGA: Bima Sakti Nilai Pemain Tim U17 Punya Potensi Luar Biasa

blank
Tiga pasang Capres RI 2024, Anies Baswedan/Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto/Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo/Mahfud MD, duduk bersama dalam satu panggung, di acara 13 Tahun Mata Najwa. Foto: tmgp

Ganjar menerangkan, hadiah itu memiliki makna, pendidikan sangat penting untuk kemajuan Indonesia. ”Agar semua, siapapun yang menang, akan ingat pendidikan Indonesia sangat penting,” seru Ganjar.

Kaos itu kemudian diperlihatkan oleh ketiga capres itu ke arah penonton. Ganjar memang sosok pemimpin yang punya kepedulian terhadap pendidikan. Semasa menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode, dia telah mewujudkan mimpi siswa miskin, dengan sejumlah program pendidikan gratis.

Di antaranya SMKN Jawa Tengah, yang membawa Ganjar mendapat penghargaan. Salah satunya detikcom Award 2023, sebagai tokoh pendongkrak kualitas pendidikan.

BACA JUGA: Lantik Bupati Karanganyar dan Pj Bupati Cilacap, Pj Gubernur Jateng: Jaga Netralitas dan Turunkan  Kemiskinan

Selain SMKN Jawa Tengah, politikus berambut putih itu juga membuka sekolah virtual. Akses pendidikan gratis bagi anak-anak yang putus sekolah.

Malam itu, bukan hanya capres, tapi cawapres juga saling tukar kado. Mahfud MD memberikan buku biografi semasa menjabat di Mahkamah Konstitusi (MK), kepada Gibran Rakabuming Raka. Dan kopiah hitam bertuliskan Nahdlatul Ulama, ke Muhaimin Iskandar.

Momen epik itu dipungkasi dengan puisi yang dibacakan langsung oleh Najwa Shihab, dengan iringan instrumen ‘Seperti Rahim Ibu‘, karya Efek Rumah Kaca.

Riyan