blank
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi (tengah) memberikan sambutan pada acara pembukaan event trabas Bhayangkara di hutan perbukitan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Lebih seribu offroader motor trail, Minggu (19/11), mengikuti event Trabas Bhayangkara Polres Wonogiri bersama Kapolda Jateng. Lokasinya di hutan perbukitan di Wilayah Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, event sport motor ini mengambil start dan finish di Lapangan Sumber, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Para peserta dengan mengendarai sepeda motor trail, menyusuri alam di sekitar perbukitan Eromoko dengan jarak tempuh kurang lebih selama 2 jam.

Kapolda Irjen Ahmad Luthfi beserta para Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, mengawali start bersama Kapolres se Solo Raya, jajaran Forkopimda Wonogiri dan PJU Polres Wonogiri serta tamu undangan lainnya.

Kapolda Jateng, menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka silaturahmi dengan komunitas sepeda motor trail, sekaligus sebagai upaya cooling system dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas yang sejuk dan kondusif, menjelang Pemilu serentak Tahun 2024.

Pemetaan

”Kita mengadakan kegiatan cooling system, melalui kegiatan yang sifatnya hobi bersama komunitas trabas,” jelas Kapolda. Harapannya, dengan adanya cooling system ini, di masyarakat tidak terjadi polarisasi dalam menyongsong pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024. Harapannya, masyarakat akan tetap guyup rukun dengan hobinya masing-masing.

Kata Kapolda, kegiatan ini sekaligus sebagai aktivitas sosial dalam ikut mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebab, bersamaan dengan pelaksanaan event trabas ini, dilakukan pula bakti sosial (Baksos) dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bagi warga tidak mampu. Juga memberikan bantuan 100 paket sembako kepada masyarakat Desa Eromoko, dan upaya peningkatan ekonomi dengan menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjajakan produknya di tempat start, yakni di Lapangan Sumber Eromoko.

Ditambahkan oleh Kapolda, bahwa kondisi Jawa Tengah sampai saat ini aman dan kondusif. Kerawanan dan penyebaran personel terkait Pemilu serentak 2024, sudah dipetakan dengan baik oleh jajaran kepolisian. Kapolda optimis situasi Kamtibmas tetap terkendali, hingga berakhirnya tahapan Pemilu kelak.

Polda Jateng, akan menurunkan sebanyak 22 ribu personel Polda bersama TNI dan aparat kemanan terkait, untuk pengamanan di 117 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Juga telah dilakukan pemetaan mana daerah yang sangat rawan, rawan dan kurang rawan. ”Sudah kita kalkulasi, tinggal main,” tegasnya.
Bambang Pur