blank
Talkshow with Information Systems Audit and Control Association (ICASA) bertajuk “Cyber Attack, Cyber Security and How it affects in Our Digital Trust Society”. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Perkembangan teknologi di era digital yang kian pesat telah membawa berbagai perubahan bagi masyarakat. Namun, bersamaan dengan manfaatnya, revolusi digital ini juga membawa risiko yang semakin besar yaitu serangan siber.

Hal inilah yang menjadi latar belakang diselenggarakannya Talkshow with Information Systems Audit and Control Association (ICASA) bertajuk “Cyber Attack, Cyber Security and How it affects in Our Digital Trust Society”, Kamis (16/11/2023).

Diinisiasi oleh Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) khususnya Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, penyelenggaraan talkshow turut melibatkan konsorsium Bhinneka. Konsorsium Bhinneka sendiri terdiri dari FTI, Fakultas Interdisiplin (FId) dan Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK).

Kepala Program Studi S1 Sistem Informasi Hanna Prillysca Chernovita, S.SI., M.Cs., mengungkapkan, talkshow yang diselenggarakan bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai cyber security dan dampaknya terhadap kepercayaan dalam masyarakat digital secara luas.

“Talkshow ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai jenis serangan siber, cara untuk melindungi diri dari serangan tersebut, dan mengapa keamanan siber sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Dekan FTI Prof. Ir. Daniel H.F. Manongga, M.Sc., Ph.D., yang hadir sekaligus membuka kegiatan mengungkapkan rasa syukurnya atas diadakannya kegiatan ini. Selain memperkaya kehidupan di kampus, melalui talkshow ini mahasiswa juga dapat belajar dari pengalaman narasumber.

“Pendidikan tidak seperti botol kosong yang diisi, namun memberikan basic kepada Anda untuk berkembang selanjutnya. Apa yang kalian pelajari mungkin akan overdate, tetapi kemampuan belajar dan beradaptasi sangat penting kalian miliki,” tandasnya.