blank
Talkshow with Information Systems Audit and Control Association (ICASA) bertajuk “Cyber Attack, Cyber Security and How it affects in Our Digital Trust Society”. Foto: Dok/UKSW

Pentingnya awareness dan upgrade diri

Menghadirkan IT Internal Auditor Ni Made Arini Wijayanti Putri, S.Si., MSc., sebagai pembicara, talkshow berjalan mengalir dan menarik dengan berbagai informasi yang disampaikan. Di hadapan sedikitnya 300 mahasiswa, narasumber dengan segudang sertifikasi IT internal auditor tersebut menekankan pentingnya awareness akan keamanan siber.

“Kita harus aware terhadap hal-hal kecil untuk mengamankan dan melindungi aset digital berupa informasi yang diproses dan disimpan dalam dunia siber. Jika tidak aware dan tidak melek teknologi, akan menjadi sumber bencana. Maka dari itu, upgrade diri mengenai teknologi dan perkembangan digital saat ini,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, hadir Data Analyst Celerates Putra Gema Nusa, S.Mat., membawakan Seminar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tajuk “How to be a Reliable Data Analyst”. Ia membagikan kiat-kiat mempersiapkan diri untuk menjadi data analyst yang handal.

Menariknya, ia turut membagikan kompetensi yang dibutuhkan mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di bidang data analyst. Kompetensi tersebut antara lain kemampuan untuk berinovasi, memecahkan masalah, kemampuan mendengarkan dan berkomunikasi serta keingintahuan dan kemauan untuk terus belajar.

Selain soft skills yang disebutkan, ia membagikan pengetahuan akan hard skill yang tak kalah penting untuk menjadi data analyst. Kemampuan tersebut antara lain programming, matematika dasar, membersihkan data, serta menyajikan data. Untuk mencapai hal tersebut, mahasiswa dapat belajar dari internet, mengikuti bootcamp berbayar ataupun bootcamp tidak berbayar dari Celerates, aktif mengikuti MBKM, dan memperluas jaringan.

Selain kegiatan talkshow dan seminar, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UKSW dan Celerates. PKS ditandatangani oleh Prof. Ir. Daniel H.F. Manongga, M.Sc., Ph.D., dan Putra Gema Nusa, S.Mat. Dalam PKS tersebut tertuang kerja sama dalam hal MBKM, magang, rekrutmen kerja, pembuatan event bersama, serta kerja sama dalam hal kurikulum.

Ning S