Pempek Makanan khas Sumatra Selatan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cuko merupakan kuah atau saos cair yang menjadi pasangan pada saat makan pempek. Kunci lezatnya pempek adalah terletak dari enak tidaknya cuko pempeknya. Oleh karena itu bahan atau adonan pembuatan cuka harus pas atau sesuai dengan komposisinya.

Cuko merupakan kuah pempek yang berwarna hitam dan memiliki rasa masam saat dimakan. Cuko terbuat dari campuran bahan manis dan asam, seperti gula merah, cuka, asam jawa, dan bumbu penyedap.1

Ketika dikonsumsi, lazimnya pempek disantap bersama kuah kental yang oleh masyarakat Palembang dikenal dengan sebutan cuko.

Baca Juga: Penggemar K-Drama Pasti Tahu, Ini 5 Makanan Tradisional Korea yang Dapat Kamu Coba

Sebagaimana resep cuko yang telah dipopulerkan, cuko terbuat dari bawang putih yang dilumat bersama cabai rawit, dididihkan dengan air gula merah dan disempurnakan dengan garam, gula putih, asam jawa, cacahan timun dan penyedap rasa (sesuai selera).

Dan bagi kamu yang sering kali jajan pempek di berbagai tempat, pernah gak sih kamu menyadari kalau masing-masing dari cuko pempek yang kamu temui memiliki cita rasa yang berbeda?

Sebenarnya, ada banyak alasan yang membuat cita rasa cuko jadi begitu beragam, bisa karena takaran, komposisi, tingkat kesegaran bahan ataupun jenis gula merah yang digunakan. Jenis gula merah yang digunakan dalam pembuatan cuko pempek bisa sangat mempengaruhi cita rasa, lho!

Baca Juga:Tips Menyimpan Makanan Dari Serbuan Semut

Dilansir dari Suara.com dan sebagai masyarakat Palembang yang terbiasa membuat pempek beserta cuko dengan beragam jenis gula merah, agaknya dapat memberikan kamu sedikit gambaran dan referensi soal cita rasa cuko yang dibuat dengan bahan baku gula merah yang berbeda.

1. Gula batok berwarna cokelat muda

Gula merah jenis ini biasa dicetak setengah lingkaran dan amat sangat mudah ditemui di pasar tradisional. Jika kamu menggunakan gula merah jenis ini, cita rasa cuko yang akan kamu dapatkan cenderung manis dengan sedikit rasa pahit yang tertinggal.

2. Gula batok cokelat tua kehitaman

Bedanya dengan yang tadi, gula merah jenis ini memiliki warna yang lebih gelap dan memiliki aroma manis yang khas. Cuko yang dibuat dengan gula merah jenis ini akan bercita rasa manis tanpa rasa pahit yang mengganggu.

Baca Juga: Lima Jenis Makanan dan Minuman yang Dapat Menurunkan Asam Urat

Kelebihannya lagi, gula batok cokelat tua kehitaman ini biasanya cenderung lebih membantu untuk mendapatkan hasil cuko yang kental dan berwarna gelap.

3. Gula merah atau gula jawa berbentuk silinder

Gula merah jenis ini dari bentuk dan ukuran sudah jauh berbeda dengan dua jenis gula merah batok yang disebutkan sebelumnya, gula merah jenis ini tidak meninggalkan rasa pahit, namun untuk menghasilkan cuko bewarna gelap dan kental tidak akan semudah gula batok cokelat tua kehitaman.

Nah, itulah tadi informasi tentang cita rasa cuko yang dibuat dengan jenis gula merah yang berbeda, semoga informasi ini dapat membantu kamu untuk menentukan jenis gula merah yang hendak kamu gunakan saat membuat cuko pempek di rumah. Selamat mencoba!

Claudia