blank
Petugas Damkar Pemkab Wonogiri Pimpinan Komandan Regu (Danru)-IV Sriyanto Kembo, menuntaskan pemadaman kebakaran rumah milik Somarto.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rumah milik Somarto, Kamis (16/11) ludes terbakar beserta seluruh isi harta benda yang ada di dalamnya. Ini menjadi musibah kebakaran di Kabupaten Wonogiri yang Ke-146 kalinya, selama periode Januari-Medio Nopember 2023.

Lokasi kebakaran rumah tersebut, berada di Dusun Tiken RT 2/RW X, Desa Pulutan Wetan, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran rumah milik Somarto tersebut. Penghuni rumah, sempat mengamankan diri, sebelum api makin berkobar, membakar rumah induk dan rumah dapur.

Warga kesulitan memberikan pertolongan pemadaman, karena di lokasi tidak tersedia air maupun Alat Pemadam Api Kebakaran. Api cepat berkobar, karena situasi yang serba kering di akhir musim kemarau sekarang ini dan adanya tiupan angin.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Kabupaten, Joko Santosa, menyatakan, penyebab kebakaran masih diselidiki petugas. Diduga dari konsleting aliran listrik di jaringan terpasang dalam rumah.

Joko Santosa, menyatakan, permohonan pemadaman diterima pada Pukul 08.00. Piket Damkar Pemkab Wonogiri Regu IV Pimpinan Sriyanto Kembo, datang di lokasi Pukul 08.20. Membawa serta dua unit mobil brandweer beserta 6 personel Fire Man. Proses pemadaman berlangsung sampai Pukul 10.00.

Pemadaman dibantu oleh para personel Polsek dan prajurit TNI dari Koramil Wuryantoro, perangkat desa bersama warga masyarakat. Ikut terbakar pula, stok panenan tandon bahan pangan sebanyak 15 karung milik keluarga Somarto. Dokumen surat penting termasuk sertifikat tanah, juga ikut musnah dilalap jago merah.
Bambang Pur