blank
Rektor USM Dr Supari ST MT saat menerima laporan dari tiga dosen USM yakni Kepala Satuan International Office (SIO) Faisal Yusuf, Ketua Program Studi Teknik Sipil Ngudi Hari Crista dan Ketua Program Studi Pariwisata Herman Paninggiran mengenai hasil pengabdian kepada masyarakat internasional dan kegiatan KKN mahasiswa USM di Thialiand pada 13 November 2023.(Foot:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Rektor USM, Dr Supari ST MT berharap kepada Satuan International Office USM untuk segera ada implementasi kerja sama dengan universitas luar negeri.

Halitu diungkapkan Rektor USM Dr Supari ST MT saat menerima laporan dari tiga dosen USM yakni Kepala Satuan International Office (SIO) Faisal Yusuf, Ketua Program Studi Teknik Sipil Ngudi Hari Crista dan Ketua Program Studi Pariwisata Herman Paninggiran mengenai hasil pengabdian kepada masyarakat internasional dan kegiatan KKN mahasiswa USM di Thialiand pada 13 November 2023.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mengapresiasi usaha yang dilakukan Satuan International Office untuk membuka peluang kerja sama internasional antara USM dengan institusi dan universitas di luar negeri.

”Kami berharap agar segera ada implementasi kegiatan dengan pihak luar negeri tersebut dalam kerangka kerja sama internasional,” ungkapnya.

Menurut Faisal, Pengabdian kepada Masyarakat Internasional dalam tahun ini mengambil tema ”Teknik pencegahan banjir dan resapan air tanah dengan menggunakan teknologi sederhana pipa resapan”.

Teknik tersebut mendapat apresiasi yg sangat baik dari pihak sekolah Muslimeen School Songkhla di Thailand. Sedangkan untuk KKN mahasiswa sudah diterjunkan di 2 lokasi sekolah yang berbeda yaitu di provinsi Yala dan provinsi Patthallung, Thailand.

”Kami juga berkunjung ke konsulat RI di Songhkla dan ke Konjen RI di Penang, Malaysia dan mendapatkan penawaran untuk mahasiswa magang di Malaysia. Kami juga kunjungan ke Universiti Sains Malaysia (USM) untuk membicarakan peluang kerja sama di bidang pendidikan, riset dan pengabdian internasional dan mendapatkan sambutan yang sangat baik,” katanya.

Selain menerima laporan PkM dan KKN dari Satuan International Office (SIO), Dr Supari ST. MT., juga menerima satu mahasiswa dari Timor Leste yaitu Nelson Fernandez Dacosta yang akan menempuh berstudi di program Magister Manajemen.

Muhaimin