blank
Ilustrasi teknik pernapasan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Insomnia merupakan jenis gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan atau tidak bisa tidur. Penyebab insomnia sangat beragam, bisa karena masalah fisik ataupun mental. Kondisi ini dapat membuat pengidapnya tidak memiliki waktu tidur yang tubuh butuhkan.

Kecemasan, stres, dan depresi adalah beberapa penyebab paling umum dari insomnia kronis. Memiliki kesulitan tidur juga dapat membuat kecemasan, stres, dan gejala depresi bertambah buruk. Penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar, dan trauma.

Setiap orang pernah merasa gelisah dan perasaannya tidak tenang karena memikirkan sesuatu. Jika mengalami hal ini, salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan diri adalah melakukan teknik pernapasan 4-7-8.

Baca Juga: Tips Menjemur Kasur Busa

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai teknik pernapasan 4-7-8!

Apa itu teknik pernapasan 4-7-8?

Menyadur dari verywellmind, pernapasan 4-7-8 adalah teknik relaksasi mendalam yang dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil yang merupakan dokter medis lulusan Harvard dan founder dari Arizona Center for Integrative Medicine.

Menurut Dr. Weil, teknik pernapasan dengan cara menghitung ini banyak digunakan untuk mengelola kecemasan, stress, dan mengatasi sulit tidur. Yakni menarik napas selama 4 detik, menahan napas selama 7 detik, dan mengembuskan napas selama 8 detik.

Baca Juga: Awet Seharian Bahkan Saat Berkeringat, 6 Tips Ampum Membuat Makeup Anti Luntur

Teknik dan cara melakukan

Dilansir dari healthline, teknik pernapasan ini dirancang untuk membuat tubuh berada dalam kondisi relaksasi yang mendalam. Pola khusus yang melibatkan menahan napas selama jangka waktu tertentu memungkinkan tubuh mengisi kembali oksigennya.

Dari paru-paru ke luar, teknik seperti pernapasan 4-7-8 dapat memberikan dorongan oksigen yang sangat dibutuhkan organ dan jaringan tubuh.

Adapun cara melakukannya kamu bisa mengambil posisi duduk yang tenang. Kemudian biarkan mulut terbuka lalu buat suara mendesing, lalu hembuskan hingga kamu merasa lebih rileks. Selanjutnya, tutup mulut, tarik napas tanpa suara melalui hidung lalu hitunglah dari 1 sampai 4.

Baca Juga: Tips Menghemat Pemakaian Listrik Rumahan

Setelah menarik napas selama 4 detik, tahanlah napas dan hitung selama 7 detik. Selanjutnya buang napas secara perlahan-lahan selama 8 detik.

Manfaat teknik pernapasan 4-7-8

Berdasarkan jurnal yang berjudul Effects of Diaphragmatic Breathing on Health, teknik pernapasan seperti ini memiliki beberapa manfaat jika dilakukan dengan benar.

Di antaranya adalah meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, mengurangi tekanan darah, meringankan gejala penyakit kronis, sampai dengan meredakan serangan migrain.

Nah itulah tadi beberapa hal mengenai teknik pernapasan 4-7-8. Bagi kamu yang sedang penat, stres, dan sulit tidur, jangan ragu untuk melakukan teknik pernapasan ini agar kamu bisa lebih rileks, ya.

Claudia