blank
Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang gelar Bimtek skema gunung dan hutan. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencarian dan Pertolongan di skema gunung dan hutan bagi pranata Pencarian dan Pertolongan (rescuer) di Basarnas Pos SAR Kabupaten Wonosobo, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan Bimtek diselenggarakan selama 5 hari mulai Senin hingga Jumat (13-17) November 2023 yang berlangsung di ruang rapat pos SAR Wonosobo dan aplikasi lapangan di gunung Kembang.

Kegiatan diikuti 30 orang peserta dengan 5 orang instruktur dari Basarnas Semarang. “Kegiatan bimtek ini dalam rangka peningkatan kompetensi di bidang Search dan Rescue di gunung hutan. Selain peningkatan kompetensi, Bimtek ini untuk memberikan kekuatan mental pada diri kita,” ungkap Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Selasa (14/11/2023).

Diketahui, kegiatan di gunung dan hutan sangat komplek dengan masalah-masalah yang ada. Sehingga kegiatan di gunung hutan harus dilakukan secara terencana, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sikap mental.

Heru berpesan kepada instruktur agar memberikan materi pengetahuan dan keterampilan kepada peserta secara profesional dan berkualitas. “Jangan lupa safety prosedur untuk para peserta, laksanakan kegiatan Bimtek dengan sungguh-sungguh, pahami materi yang diberikan oleh instruktur dan jangan lupa jaga kesehatan,” pesan Heru.

Ada beberapa materi pengetahuan yang diberikan, diantaranya praktik navigasi darat, komunikasi lapangan, manejemen posko, Explor SAR, penggunaan GPS, slove tandu darurat, simulasi pencarian dan pertolongan.

Ning S