blank
Ilustrasi foundation. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pernahkah bertemu dengan seseorang yang menggunakan riasan yang medok? Beberapa alasan yang memengaruhi yaitu, salah satunya karena warna dasar foundation yang tidak sesuai, maka dari itu shade foundation itu sangat penting karena menentukan hasil akhir makeup.

Pada dasarnya, foundation merupakan alas bedak yang digunakan pada tahap awal riasan wajah. Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah agar tampilan makeup menjadi sempurna.

Foundation atau alas bedak adalah make up yang berfungsi untuk mempertahankan make up supaya bisa tahan lama.

Baca Juga:Penampilan Umbi Suweg Yang Kurang Menarik Justru Memiliki Segudang Manfaat, Yuk Simak…

Dibandingkan CC cream, foundation memiliki coverage yang lebih tinggi dan pigmen yang lebih padat. Selain itu, foundation memiliki tekstur beragam, seperti matte, semi-matte, dan dewy. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya pilih tekstur foundation sesuai dengan jenis acara yang akan di hadiri.

Jangan terlalu memaksakan suatu hal, jika kamu memiliki jenis kulit warm undertone maka jangan coba-coba untuk menggunakan foundation yang khusus diciptakan untuk pemilik kulit cool undertone. Mengapa? Karena nanti hasil akhirnya akan abu-abu.

Dilansir dari Suara.com begitupun sebaliknya, jika kamu pemilik cool tone namun pakai produk warm tone, maka hasilnya akan belang dan tidak flawless.

Baca Juga: Membuat Penampilan Kurang Percaya Diri, Ini 7 Tips Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Jadi, kamu wajib untuk memahami tone kulitmu yang mana, dan carilan produk dengan shade yang pas agar hasil maksimal, untuk mengetahuinya setelah ini akan dibagikan tipsnya dilansir dari Byrdie, menurut penjelasan dari Jennar Menard, Vector Henao dan dokter kulit Hadley King, MD, sebagai berikut:

1. Kenali jenis kulit

Bukan hanya soal warna kulit, untuk menentukan foundation yang pas, kamu juga perlu mengenali jenis kulitmu sendiri apakah normal, berminyak, kering, atau kombinasi?

Jadi kamu bisa cari tahu untuk menggunakan foundation dengan formula yang mana, karena pada dasarnya kulit terkadang mempunyai masalah sensitif, dehidrasi, kusam sampai berjerawat.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Rasa Ngilu Gigi Berlubang

2. Kenali tone kulit

Untuk mengetahui warna kulitmu warm, cool, atau neutral, cukup dengan memperhatikan warna tubuhmu seperti dada dan bahu yang apabila nampak merah muda, peach, atau kuning berarti rona kulitmu adalah warm.

Karena untuk mengetahui tone kulit asli bukan dari kulit yang menggelap atau memerah, seperti terkena sinar matahari ya.

3. Cocokkan langsung

Mungkin cara ini berlaku hanya saat kamu akan membeli produk secara langsung di store, cara ini tidak berlaku jika kamu membeli produk di toko online karena tidak bisa melihat produk secara fisik.

Baca Juga:Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Bagi kamu yang belum tahu shade yang cocok, maka disarankan untuk beli langsung di toko setelah itu bisa repeat order melalui toko online.

4. Pilih produk dengan formula liquid

Untuk menghindari segala permasalahan karena memilih produk base makeup yang salah, kamu bisa mencoba untuk membeli produk foundation dengan formula yang basic seperti liquid. Karena bahan cair ini cocok untuk beberapa jenis kulit mulai dari berminyak hingga masalah tentang kulit sensitif.

5. Try on sampel di offline store

Jika kamu masih belum tahu shade mana yang lebih cocok di kulitmu hanya dengan melihat nomor produk saja, disarankan untuk kamu mengunjungi store offline dan mencoba beberapa sampel yang disediakan hingga menemukan warna mana yang cocok untuk kulitmu.

Nah, bagaimana sudah paham tentang cara memilih shade foundation yang cocok untuk kulitmu? Memang bagi pemula disarankan agar kamu mengunjungi store secara langsung, agar tidak merasa rugi jika sudah terlanjur beli produk mahal namun salah, semoga membantu ya.

Claudia