blank
Ganjar saat didoakan oleh Daniel Boru Simare, seorang nenek berusia 90 tahun, untuk bisa memimpin Indonesia pada 2024 mendatang. Foto: tmgp

TAPANULI UTARA (SUARABARU.ID)– Calon Presiden RI 2024, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan ribuan warga dan tokoh adat Batak, di Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Minggu (12/11/2023). Di sana, Ganjar mendapat doa dari masyarakat, untuk memimpin Indonesia.

Ganjar tiba di dermaga pelabuhan Kecamatan Muara, disambut ribuan warga dan tokoh adat Batak, di Tapanuli Utara. Mereka bergembira dan menyampaikan syukur dan doa kebaikan buat Ganjar.

Kain ulos kemudian disematkan kepada mantan Gubernur Jawa Tengah itu, untuk kemudian menabur benih ikan di Danau Toba, bersama para tokoh adat.

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR Hadiri Kirab Pahlawan Nasional Ratu Kalinyamat

Usai tabur benih ikan, Ganjar menengok stand UMKM kain ulos. Dia pun berdialog langsung dengan para pengrajinnya, sekaligus melihat langsung bagaimana para ibu-ibu menenun.

Saat itu, Ganjar didoakan Daniel Boru Simare, seorang nenek berusia 90 tahun. Berbahasa Batak, Ganjar didoakan untuk bisa menang dan menjadi pemimpin Indonesia 2024.

”Saya mendoakan bapak menang dan menjadi presiden. Merdeka, merdeka, merdeka,” kata Opung Daniel.

BACA JUGA: Petanesia Kudus Siap Jadi Pengikat Tali Silaturahmi dalam Menghadapi Tahun Politik

blank
Kain ulos disematkan kepada Ganjar Pranowo, saat hadir di Danau Toba bersama para tokoh adat. Foto: tmgp

Ganjar yang duduk di sebelahnya pun mengucapkan terima kasih. ”Mauliate (terima kasih-red),” tutur Ganjar.

Politikus berambut putih itu kemudian menyapa dan memberikan pidato di hadapan ribuan warga Toba. ”Tadi saya lihat, wow, indahnya Danau Toba, luar biasa,” puji Ganjar.

Selain keindahan alamnya, ditambahkan dia, daerah Toba memiliki potensi alam dan manusia yang mengagumkan. Salah satunya adalah UMKM kain ulos asli buatan tangan warga lokal.

BACA JUGA: Teater Jangkar Bumi MA Qudsiyah dan Spero SMP 2 Kudus Terbaik dalam Festival Teater Pelajar 2023

”Tadi ditunjukkan produk UMKM yang bagus sekali. Kreasinya bagus. Jadi sebenarnya anak mudanya punya desain yang bagus, kemudian para seniornya yang bisa buat kerajinan yang sangat bagus, dan indah sekali,” tuturnya.

Ganjar menegaskan, sudah saatnya Danau Toba dengan segala kelebihannya dapat mendunia dan dikenal mancanegara.

”Tadi saya minta, agar ada narasi dari setiap coraknya. Ini agar masyarakat yang ada di luar negeri mengerti. Mulai prosesnya, filosofinya, pewarnaanya, tahu bahwa ini memiliki teknik yang tinggi,” tegasnya.

Sementara itu, Herda Sitompul, salah satu warga Toba mengaku senang, bisa bertemu dengan Ganjar Pranowo. Baginya, Ganjar adalah sosok yang ramah dan merakyat. ”Kami doakan Ganjar Pranowo bisa menang,” tandasnya.

Riyan