blank
Teater Jangkar Bumi MA Qudsiyah sukses jadi yang terbaik dalam Festival Teater Pelajar Bakti Budaya Djarum Foundation 2023. foto: FTP 2023

KUDUS (SUARABARU.ID) – Teater Spero dari SMP 2 Kudus dan Teater Jangkar Bumi dari MA Qudsiyah Kudus sukses menyabet gelar sebagai yang terbaik dalam Festival Teater Pelajar XIII 2023 yang digelar Bakti Budaya Djarum Foundation.

Dalam babak final yang digelar di GOR Bulutangkis Kaliputu antara 11-12 November 2023 tersebut, kedua grup teater ini sukses memukai juri yang terdiri dari teaterawan senior Jose Rizal Manua dan Irwan Jamal serta Program Manajer Bakti Budaya Djarum Foundation Billy Gamaliel.

Tak hanya itu, kedua grup teater ini juga menyabet sejumlah penghargaan lain dalam gelaran festival ini. Untuk Teater Jangkar Bumi, penghargaan lain yang diperoleh diantaranya dalam kategori actor utama terbaik  melalui Muhammad Arifin Ilham, Aktor Pendukung terbaik yang diraih Najib Ahmad Multazam, Sutradara terbaik Nur Kholis, Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik melalui Muhammad Islaul Hanafi, Penata Rias dan Kostum Terbaik, Achmad Badawi Abdullah dan Penata Musik terbaik Haikal Mirza Lutfan.

Sedangkan Teater Spero mampu meraih penghargaan lainnya yakni sebagai Aktor Utama Terbaik melalui Pramudyasmara Zharif Mulya, Aktris Pendukung Terbaik Aliya Fazila Yusuf, Sutradara Terbaik Eny Retno Susiana, Penata Rias dan Kostum Terbaik Afiyah Ikhlas Andiyani dan Penata Musik Terbaik Siti Afiyah Siti Alfiyah.

Penampilan apik kedua Teater ini sebenarnya sudah diprediksi oleh pegiat Teater Djarum, Asa Jatmiko yang terlibat langsung dalam FTP 2023 ini. Menurutnya, kemampuan peran anak-anak tersebut sudah tercium sejak babak penyisihan.

“Seperti Teater Jangkar Bumi ini berani menampilkan naskah karya sendiri yang merefleksikan keresahan anak muda Gen Z,”kata Asa.

Sementara, Jose Rizal Manua, teaterawan kawakan yang bertindak sebagai salah satu juri menyampaikan kekagumannya atas kemampuan grup-grup teater yang ada di Kudus. Menurutnya, teater pelajar di Kudus memiliki kualitas yang setara dengan grup-grup teater lain di tingkat nasional.

“Terus terang, saya terkejut dengan penampilan teater pelajar yang ada di Kudus. Mereka mampu menampilkan pertunjukkan yang sangat baik dan saya kira setara dengan grup-grup teater pelajar lain di tingkat nasional,”tandasnya.

Berikut adalah daftar pemenang FTP XIII 2023 Tingkat SMP::

 

Kategori Nama Pemenang Teater Sekolah
Teater Terbaik Spero  SMP 2 Kudus
Aktor Utama Terbaik Pramudyasmara Zharif Mulya Spero SMP 2 Kudus
Aktris Utama Terbaik Ika Putri Dwiyanti Spepaba SMP 4 Bae
Aktor Pendukung Terbaik Raiham Pangestu Tas’an Wartono Bobot SMP 1 Kudus
Aktris Pendukung Terbaik Aliya Fazila Yusuf Spero SMP 2 Kudus
Sutradara Terbaik Eny Retno Susiana Spero SMP 2 Kudus
Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik Adinda Surya Adi Spepaba SMP 4 Bae
Penata Rias dan Kostum Terbaik Afiyah Ikhlas Andiyani Spero SMP 2 Kudus
Penata Musik Terbaik Siti Alfiyah Spero SMP 2 Kudus

Berikut adalah daftar pemenang FTP XIII 2023 Tingkat SMA:

 

Kategori Nama Pemenang Teater Sekolah
Teater Terbaik Jangkar Bumi – MA Qudsiyyah
Aktor Utama Terbaik Muhammad Arifin Ilham Jangkar Bumi MA Qudsiyyah
Aktris Utama Terbaik Keisya Fazana Aulia Patas SMA 1 Bae
Aktor Pendukung Terbaik Najib Ahmad Multazam Jangkar Bumi MA Qudsiyyah
Aktris Pendukung Terbaik Fibria Noor Utami Saka SMK 2 Kudus
Sutradara Terbaik Nur Kholis Jangkar Bumi MA Qudsiyyah
Penata Set Panggung dan Lampu Terbaik Muhammad Islahul Hanafi Jangkar Bumi MA Qudsiyyah
Penata Rias dan Kostum Terbaik Achmad Badawi Abdullah Jangkar Bumi MA Qudsiyyah
Penata Musik Terbaik Haikal Mirza Luthfan Jangkar Bumi MA Qudsiyyah

 

Ali Bustomi