Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) gelar Noble Leader Development Program Batch 4. Foto: Dok/UKSW

“Supaya menjadi saluran berkat, kita harus temukan panggilan ilahi sesuai panggilan Tuhan. Sehingga ketika kita mengelola organisasi, jadi berkat,” tandasnya.

Ir. Didiek K. Suprapto juga menekankan pentingnya menjadi sosok pimpinan yang sujana. Bukan hanya pintar dan kompeten, tetapi juga mempunyai kebijaksanaan dengan cara mengenali diri sendiri di hadapan Tuhan. “UKSW menjadi Unggul sujana, jika pimpinannya sujana. Menjadi manusia sujana adalah tujuan NLDP ini diadakan,” bebernya.

Koordinator NLDP Indirani Wauran, S.H., M.H. menuturkan, kegiatan NLDP ini diselenggarakan karena UKSW menyadari manusia tidak hanya perlu dikembangkan aspek kompetensinya, tetapi juga spiritualitasnya sehingga terjadi keseimbangan.

“Diharapkan melalui kegiatan ini peserta bisa seimbang antara kompetensi dan kebijaksanaannya sebagai bagian dari aspek spiritualitas. Selain itu, peserta juga diajak memahami kenapa kita ada, tujuan Tuhan menciptakan dan mengetahui panggilan hidup kita. Sehingga kita bisa mengembangkan dan memberikan manfaat bagi orang lain,” terang Indirani Wauran.

Salah satu peserta NLDP, Kepala Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Prof. Dr. Gatot Sasongko, S.E., M.S., menuturkan, NLDP sangat bermanfaat. “Kegiatan ini bagus dan bermanfaat untuk mempersiapkan SDM (sumber daya manusia-red) dengan jiwa dan kesadaran bekerja di UKSW sebagai lahan pengabdian kepada Tuhan,” terangnya.

Prof. Dr. Gatot Sasongko, Direktur Direktorat Akademik (DAK) David Adechandra Ashedica Pesudo, S.E., M.Ak., mengaku, melalui NLDP ia dapat merefleksikan kembali perjalanan diri termasuk tokoh dan kejadian yang membentuk diri. “Dengan mengenal diri sendiri akan membuat kita memimpin dan mengatur direktorat kita dengan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Ning S