Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) gelar Noble Leader Development Program Batch 4. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar Noble Leader Development Program (NLDP) Batch 4, pada Selasa hingga Kamis (7-9/11/2023).

Sebanyak 27 peserta dari Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas serta perwakilan tenaga kependidikan mengikuti kegiatan di Grha Kartini Kampus UKSW Jalan Kartini.

Membuka NLDP batch 4 tersebut, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., menyampaikan pentingnya kesadaran diri dan kesadaran akan teamwork. Menurutnya, memperhatikan teman sejawat dan juga tim merupakan hal yang penting.

“Dari kegiatan ini, kita akan belajar bagaimana dapat menggali diri menjadi pribadi yang sujana, yang seimbang dalam intelektualitas dan kebijaksanaannya. Mari kita maksimalkan potensi-potensi baik yang dapat digunakan untuk UKSW,” ungkapnya.

Kegiatan NLDP ini merupakan kontribusi salah satu alumni UKSW, Dr. (H.C.) Sudhamek AWS, S.E., S.H. yang memiliki gagasan mengenai mindful based business. Sama seperti NLDP sebelumnya, NLDP batch 4 juga menghadirkan Ir. Didiek K. Suprapto sebagai fasilitator. Selama tiga hari dipandu fasilitator, seluruh peserta diajak untuk lebih mengenal diri sendiri dan melihat kembali gambar diri guna menemukan jati dirinya.

Panggilan hidup

Diungkapkan Ir. Didiek K. Suprapto, dalam kegiatan ini peserta akan diajak untuk merefleksikan diri, mengingat dan menemukan dirinya dalam mengambil keputusan, serta mengingat tokoh-tokoh penting dalam kehidupannya. Tak hanya itu, peserta akan berefleksi dalam momen kehidupan dan perjalanan rohaninya, serta merefleksikan panggilan hidupnya.

Memacu para peserta untuk memiliki kesadaran akan dirinya, sang motivator menyampaikan, untuk menjadi saluran berkat, pemimpin harus mengenali panggilan spiritualnya dan tidak bersifat self-centered.