blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan Pelatihan Pengelolaan Persediaan Bahan Baku pada Telur Asin Besek Pring Kang Noer kepada pelaku UMKM di Jalan Bukit Cemara Indah XI Blok C-2 No 53 Bukit Kencana Jaya Semarang pada 4 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan Pelatihan Pengelolaan Persediaan Bahan Baku pada Telur Asin Besek Pring Kang Noer kepada pelaku UMKM di Jalan Bukit Cemara Indah XI Blok C-2 No 53 Bukit Kencana Jaya Semarang pada 4 November 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Surjawati SE.MM,Akt, anggota Amerti Irvin Widowati SE.MSi dan Nirsetyo Wahdi SE.MM. Mereka dibantu dua mahasiswa USM.

Menurut Surjawati, kegiatan PkM ini dilakukan berdasar pada masalah yang sering terjadi pada usaha telur asin ini berkaitan dengan ketersediaan bahan baku yang berupa telur bebek mentah. Telur bebek dibeli dari pemasok.

”Saat musim pergantian cuaca, kadang bebek tidak mau bertelur, sehingga pasokan telur mentah menjadi sedikit, padahal saat itu permintaan konsumen terhadap telur asin sedang tinggi. Namun di sisi lain, saat permintaan konsumen sedang turun, justru pasokan telur ini sedang banyak,” katanya.

Dia mengatakan, tim PkM FE USM berusaha untuk melakukan sharing berdasarkan pada ilmu akuntansi mengenai cara mengelola persediaan bahan baku yang berupa telur bebek mentah agar tidak terjadi kekurangan/ kelebihan stok persediaan.

”Mengelola persediaan dapat dilakukan dengan beberapa langkah yakni mengatur tingkat minimum persediaan, perkirakan permintaan konsumen, gunakan prinsip First in First out, audit dan lakukan pengecekan persediaan, gunakan analisis ABC, dan bangun hubungan yang baik dengan pemasok,” ungkapnya.

Muhaimin