blank
ilustrasi berkendara saat musim hujan. Foto: Pixabay

SEMAARANG (SUARABARU.ID)- Pada musim penghujan, suhu udara umumnya lebih rendah karena adanya hujan dan awan yang menghalangi sinar matahari langsung.

Selain itu, kelembaban udara cenderung tinggi karena banyaknya penguapan air. Di musim kemarau, suhu udara cenderung lebih tinggi karena sinar matahari yang kuat dan sedikitnya curah hujan.

Pada akhir tahun antara bulan November-Desember seperti sekarang ini umumnya mulai memasuki musim penghujan. Melansir dari data dari situ BMKG, meskipun di Indonesia pada sepanjang tahun 2023 ini dilanda kemarau panjang dan cukup ekstrem, namun pada bulan November-Desember akhir tahun ini sebagian besar wilayah di negeri ini mulai memasuki musim penghujan.

Baca Juga: Tips Bepergian dengan Balita Ketika Musim Hujan

Bagi kamu yang akan beraktivitas saat musim penghujan tiba, tentunya harus mempersiapkan segala keperluan guna menghadapi musim tersebut. Belum lagi bagi kamu yang beraktivitas seperti berangkat kerja atau bekerja dengan menggunakan sepeda motor.

Menjaga kesiapan tunggangan ‘kuda besi’ tersebut saat musim hujan tentunya perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dilansir dari Suara.com, berikut ini 3 tips berkendara sepeda motor saat musim penghujan tiba.

1. Periksa Kesiapan Sepeda Motormu

Salah satu tips saat berkendara sepeda motor di musim penghujan adalah dengan rutin mengecek kesiapan sepeda motormu. Sebelum memasuki musim hujan, alangkah baiknya kamu men-servis motormu di bengkel resmi ataupun bengkel biasa yang terdapat di pinggir jalan.

Baca Juga: Memasuki Musim Pancaroba, Waspadai Bencana Hujan Angin

Kamu perlu rutin mengecek kondisi ban apakah masih aman atau justru sudah rata. Ban yang rata saat musim hujan cukup rawan menyebabkan sepeda motor tergelincir dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, kamu bisa pula memeriksa kelengkapan lainnya seperti rem, oli dan juga kondisi lampu motor. Lampu motor yang dalam kondisi baik tentunya dapat menembus hujan apabila dalam kondisi deras. Selain itu, pemeriksaan rem juga dapat menjaga kesiapan sepeda motormu saat musim hujan tiba.

2. Jangan Abaikan Memakain Jas Hujan

Salah satu tips lain berkendara sepeda motor saat musim hujan adalah selalu memakai jas hujan atau mantel hujan. Beberapa pengendara umumnya akan sedikit mengabaikan hal ini, khususnya bagi mereka yang tidak mau ribet harus memakai jas hujan di tengah jalan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jateng, BMKG: Semarang Hujan

Padahal, memakai jas hujan saat hujan turun dapat melindungi tubuhmu dari air hujan yang juga meminimalisir terserang penyakit seperti masuk angin dan flu. Selain itu, memakai mantel hujan akan tetap menjaga fokusmu dalam berkendara saat hujan.

3. Selalu Jaga Kondisi Fisikmu

Hal yang paling mendasar saat berkendara di musim hujan adalah selalu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Musim hujan memang cukup rawan bagi seseorang untuk terserang penyakit. Oleh karena itu, kamu perlu rutin menjaga daya tahan tubuhmu dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin. Apabila dirasa tubuhmu tidak dalam kondisi fit, usahakan untuk tidak berkendara saat hujan turun.

Nah, itulah beberapa tips berkendara sepeda motor saat musim penghujan tiba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia