blank
Sekda Jepara beserta perwakilan Forkopimda membuka Gerakan Pangan Murah.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Warga Kabupaten Jepara kembali merasakan langsung manfaat dana insentif fiskal. Lagi-lagi, ada bagian dari dana tersebut yang digunakan untuk menggelar gerakan pangan murah (GPM).  Kamis (2/11/2023) pagi, digelar GPM keenam di lapangan Desa Demangan, Kecamatan Tahunan.

Sekretaris Daerah atau Sekda Jepara Edy Sujatmiko, membuka kegiatan tersebut disertai perwakilan Forkopimda. Acara itu juga dihadiri unsur perangkat daerah. “Sebelumnya kita  telah lima kali menggelar GPM,” kata Edy.

Dirinya membenarkan kegiatan ini digelar menggunakan dana insentif fiskal yang diterima Pemkab Jepara dari pemerintah pusat. “Ini bagian dari keberhasilan warga Jepara sehingga kita mendapat insentif fiskal Rp33 miliar, lalu bisa menggelar GPM dengan penyediaan barang dengan harga lebih murah,” terangnya.

blank

Sekda Edy meminta warga yang datang bisa membeli barang secukupnya. Sebab, beli karena panik (panic buying) justru akan memacu kenaikan harga. Dia memastikan stok dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) masih aman.

Berbagai barang kepokmas yang disediakan pada kegiatan ini disambut antusias warga setempat. Terdapat 13 stan yang bergabung dalam kegiatan ini, di luar belasan stan yang menggelar dagangan pangan lokal. Kepokmas bersubsidi yang disediakan totalnya lebih dari 8,5 ton.

Komoditas beras medium yang di pasar berharga Rp13 ribu per kilogram, disediakan dengan harga Rp11.800,-, telur ayam ras yang normalnyanRp25 per kilogram, disediakan dengan harga Rp22.500,-, bawang merah yang berharga Rp21 ribu disubsidi hingga bisa disediakan dengan harga Rp15 ribu, dan gula pasir harga Rp15.300,- disubsidi ke harga Rp14 ribu.

Sementara minyak goreng dalam kemasan harga Rp15.700,- disubsidi hingga disediakan dengan harga Rp14 ribu. Di tempat yang sama, Bulog juga menyediakan beras SPHP dengan harga Rp10.400 per kilogram.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Jepara Diyar Susanto mengatakan, GPM dilaksanakan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. GPM pertama digelar pada 7 Maret 2023 di Shopping Center, Jepara.

Berikutnya berturut-turut di lapangan Kenari Purwogondo, Kecamatan Kalinyamatan pada 26 Juni. Lalu di halaman Kecamatan Mayong pada 6 September, Alun-Alun 1 Jepara pada 13 Oktober, dan di lapangan Bangsri pada 24 Oktober lalu.

Hadepe – Pri