Balai Kota Semarang. Insert Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat dapil I, Yoyok Sukawi. Foto: Dok: SB.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Anggota DPR RI asal Dapil Jateng 1, Yoyok Sukawi, berniat maju mencalonkan diri dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang pada 2024 mendatang.

Yoyk Sukawi secara gamblang menyatakan siap memimpin Kota Semarang jika kelak nanti dirinya terpilih dalam pilkada tersebut. Untuk itu, saat ini dirinya fokus turun langsung menyapa konstituen menyerap aspirasi masyarakat.

“Iya bismillah, kita ada rencana untuk wali kota (Semarang), mohon doa dan dukungannya,” ungkap Yoyok saat dihubungi SuaraBaru.id, Rabu (1/11/2023).

Yoyok yang juga CEO PSIS ini mengatakan, selama beberapa waktu terakhir ini dirinya bersama struktural Partai Demokrat memang sedang turun ke tengah – tengah warga masyarakat. Bahkan dirinya juga tengah mendekatkan diri ke sejumlah tokoh dan sesepuh Kota Semarang.

Menurut politikus dari Partai Demokrat yang duduk di Komisi X DPR RI ini, dirinya mendapat tugas dari partai untuk turun ke bawah untuk memenangkan perolehan suara yang ada di daerah, baik untuk Pilpres dan juga untuk Pileg.

“Saya sendiri sudah berkeliling ke sesepuh dan tokoh-tokoh di Kota Semarang. Apalagi di Kota Semarang Demokrat punya enam kursi, targetnya kita semoga nanti (Pemilu) bisa jadi 10 kursi,” katanya.

Tak hanya turun ke tengan masyarakat dan menyambangi para tokoh sesepuh kota, Yoyok mengaku dirinya juga menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik lain, terutama parpol yang masuk dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kalau Demokrat dapat 10 kursi kan kita bisa mengusung sendiri calonnya siapa, tanpa harus berkoalisi, begitu juga partai lain. Tapi kalau di bawah 10, ya harus berkoalisi,” katanya.

Dirinya menjelaskan, di Demokrat sendiri dari ketua majelis tinggi partai (SBY) telah memberikan instruksi untuk memenangkan Prabowo – Gibran dalam Pilpres mendatang. Oleh karena itu semua struktural dan kader di semua tingkatan fokus di kantong dan basis partai fokus pemenangan.

“Dari DPP, DPD, hingga di tingkatan kabupaten/kota semua sudah digerakkan mensosialisasikan ini. Kita optimis bisa (menang) kalau melihat dari surveinya, karena hari ini ada tiga pasangan calon yang kita nilai punya kesempatan yang sama,” katanya.

Hery Priyono