ilustrasi rambut bermasalah. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Rambut yang gampang berminyak cenderung tampak lebih berkilau daripada rambut kering. Jika rambutmu tampak sangat berkilau bahkan setelah keramas, maka itu mungkin tanda bahwa rambutmu berminyak. Jika rambutmu terlihat berminyak hanya di area kulit kepala, itu mungkin tanda bahwa kamu memiliki rambut berminyak.

Kulit kepala manusia memiliki kelenjar minyak yang berfungsi untuk menghasilkan minyak alami atau sebum. Namun, kadang-kadang kelenjar minyak bekerja terlalu aktif, sehingga menghasilkan minyak secara berlebihan.

Hal inilah yang menyebabkan rambut jadi berminyak, lepek, dan sulit ditata. Kemudian rambut lepek sendiri menjadi salah satu masalah rambut yang kerap dialami oleh banyak pria ataupun wanita.

Baca Juga:Tips Mengeluarkan Kotoran pada Mata

Bagi pemilik rambut berminyak, kamu memang dianjurkan untuk keramas setiap hari. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala bisa membuat rambut terlihat lepek. Dilansir dari Suara.com, untuk menghindari rambut lepek yang terlihat tidak terawat, keramaslah dengan sampo setiap hari.

Saat mengalami rambut berminyak hingga membuat lepek tentunya menjadi lebih susah diatur. Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai macam cara dalam mengatasi rambut berminyak yang bebas lepek. Mengutip dari laman honestdocs.id, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut berminyak supaya tidak lepek:

1. Keramas dengan benar

Dalam kulit kepala terdapat kelenjar minyak, rambut yang berminyak ini bisa disebabkan akibat kurang bersihnya proses pembilasan saat keramas sehingga masih terdapat shampo atau conditioner yang tertinggal.

Baca Juga:Tips Membersihkan Parasit pada Tanaman

Kemudian, sebaiknya hindari keramas dengan menggunakan air hangat karena bisa merangsang produksi minyak berlebih dalam rambut.

Jika jenis rambut berminyak dan lepek, sebaiknya keramas setiap hari, namun jika terjadi masalah saat keramas setiap hari harusnya keramas dia hingga tiga hari sekali.

2. Sisir rambut dengan benar

Dengan menyisir rambut dari kulit kepala hal ini bisa memindahkan minyak dari kulit kepala ke rambut yang membuatnya menjadi lepek. Oleh karena itu, kalian sebaiknya harus menyisir rambut apabila dibutuhkan terutama setelah mandi, namun sebisa mungkin menyisir dari rambut bukan kulit kepala.

Baca Juga:Tips Bersihkan Lantai Kamar Mandi agar Tidak Licin

3. Gunakan dry shampoo

Menggunakan dry shampo bisa membantu dalam mengurangi kelebihan minyak pada kulit kepala tanpa perlu dibilas. Tidak hanya menyerap minyak, dry shampo pun bisa menghilangkan bau tidak sedap pada rambut dan rambut pun lebih mengembang.

4. Gunakan masker rambut alami

Kandungan bahan kimia dalam produk perawatan rambut pun bisa menyebabkan rambut berminyak. Oleh sebab itu, coba menggunakan masker dari bahan alami seperti alpukat dan lidah buaya untuk dapat mengurangi produksi minyak atau sebum di kulit kepala.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi rambut yang berminyak supaya tidak lepek. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia