blank
talas kaya akan antioksidan dan baik untuk penderita diabetes. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Talas merupakan tanaman pangan berupa herbal menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun.

Talas jadi salah satu pengganti sumber karbohidrat selain nasi yang tak banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Namun di beberapa daerah talas ini bisanya dikonsumsi dengan cara direbus atau dibuat berbagai olahan. Dilansir dari Suara.com, makanan murah ini memiliki banyak nutrisi dan segudang manfaat untuk kesehatan.

Akar talas kaya akan potasium yang membantu mengendalikan detak jantung dan mengurangi stres di arteri. Selain itu, potasium membantu mengatur tekanan darah karena mengurangi efek natrium pada tubuh.

Baca Juga:7 Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Tak hanya itu, talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta zat besi dan tembaga. Aneka nutrisi pada talas tersebut menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh.

Langsung saja simak beragam manfaat talas yang telah dirangkum dari laman Halodoc berikut.

1. Bermanfaat untuk penderita diabetes

Talas mengandung dua jenis karbohidrat yang bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Kedua jenis karbohidrat ini adalah serat dan pati resisten yang berfungsi memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lainnya sehingga tidak meningkatkan gula darah. Jadi talas ini bisa menjadi pengganti nasi yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Anemia, Yuk Simak 5 Manfaat Mengonsumsi Tape Singkong

2. Antikanker

Talas mengandung senyawa tanaman polifenol yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi risiko kanker. Polifenol dalam talas adalah quercetin yang bisa menyebabkan kematian sel kanker dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Senyawa ini juga merupakan antioksidan kuat untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang merusak.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Serat dan pati resisten dalam akar talas tak hanya membantu menjaga gula darah tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena adanya kandungan serat sebanyak 6 gram serat per 132 gram talas, sehingga tingkat penyakit jantung lebih rendah.

Sementara itu, pati resisten juga bagus untuk menurunkan kolesterol yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Membantu menurunkan berat badan

Talas dapat membantu menurunkan berat badan karena nutrisi sehat dan rendah kalori. Serat yang ada membantu merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Bunda Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Balita

Selain itu, serat ini membantu mengurangi keinginan dan mencegah ngemil berlebihan di antara waktu makan dan membantu mengontrol asupan kalori harian. Jadi makanan ini bisa menjadi alternatif diet yang sehat.

5. Menjaga kesehatan usus

Serat dan pati resisten dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk kesehatan usus. Pasalnya, tubuh tidak mencerna atau menyerap serat dan pati resisten yang membuat kedua kandungan itu tetap ada di usus dan menjadi makanan bagi bakteri usus.

Hal ini secara tidak langsung mendorong pertumbuhan bakteri baik atau probiotik yang membuat usus tetap sehat.

Bagaimana? Ternyata makanan yang sering dipandang sebelah mata ini memiliki beragam manfaat yang baik bukan? Kandungan beragam nutrisi pada talas inilah yang sangat membantu kesehatan tubuh. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Claudia