blank
im Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) memberikan Pelatihan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM Gerai Kopimi, Kecamatan Semarang Selatan pada 1 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) memberikan Pelatihan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM Gerai Kopimi, Kecamatan Semarang Selatan pada 1 November 2023.

Pelatihan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Universitas Semarang. Tim pengabdian kepada masyarakat terdiri atas Ketua Pratama Angga Buana, S.Kom, M.Kom, anggota Dr. Titin Winarti, S.Kom, MM dan Edi Widodo, S.Kom, M.Kom.

Menurut Angga, kegiatan digital marketing kali ini yang diangkat adalah cara mengoptimasi penggunaan Instagram dengan SEO sebagai media penunjang pemasaran dan interaksi UMKM dengan konsumen.

Angga mengatakan, kegiatan pelatihan dihadiri 18 pelaku UMKM. Materi yang diberikan terdiri atas pentingnya Sosial Media Marketing, Brand Awareness, dan Optimasi Instagram dengan SEO.

”Sekarang ini teknologi internet sudah menjadi pengaruh besar bagi kita semua. Dalam bisnis harus dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan memperhatikan brand awareness. Selain itu penggunaan sosial media seperti Instagram juga harus dapat dioptimalkan bukan sekedar punya akun tapi masih campur antara pribadi dengan bisnis,” ungkapnya.

Camat Semarang Selatan, Ronny Tjahjo Nugroho, S.Sos, MM mengatakan, para pelaku UMKM saat ini mulai bangkit kembali setelah mengalami masa-masa transisi pandemik tahun lalu. Mereka perlu pengembangan diri dalam bentuk pelatihan-pelatihan mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan sosial media untuk meningkatkan pemasaran usahanya.

Salah satu pelaku UMKM, Liestijani mengatakan, kegiatan ini berdampak positif bagi para pelaku UMKM, khususnya untuk menghadapi era digitalisasi sekarang ini khususnya bagi para peserta yang sudah lansia.

Muhaimin