blank
Tim Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) UKSW. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU), tim paduan suara dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Kali ini tim dari Kampus Indonesia Mini berhasil membawa pulang dua gelar juara di ajang 19th Busan Choral Festival & Competition 2023.

Dengan kepiawaian bernyanyinya, Voice of SWCU memukau juri dan penonton dengan permainan nada yang indah. Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Busan, Korea Selatan pada 17-21 Oktober 2023 tersebut, Voice of SWCU meraih juara 3rd Prize Ethnic Category, dan Gold Diploma Medal Classical Mixed & Equal Category (4th place).

Kompetisi bergengsi yang diadakan oleh Korean Choral Institute ini diikuti sebanyak 35 tim dari lima negara, yaitu Indonesia, Korea, Singapura, Filipina, dan Swedia.

blank
Tim Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) UKSW. Foto: Dok/UKSW

Rektor UKSW Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., mengungkapkan rasa bangganya atas sumbangan prestasi Voice of SWCU. Ia menuturkan bahwa raihan prestasi ini menunjukkan bahwa UKSW memiliki talenta unggul, tidak hanya di bidang akademis, tetapi juga di bidang seni.

“Capaian prestasi di kancah internasional ini tidak hanya membawa nama harum UKSW, tetapi juga merepresentasikan keunikan Indonesia di mata dunia. Kami akan terus mendukung Voice of SWCU dan KBM (Kelompok Bakat Minat-red) lainnya agar terus memaksimalkan potensi dan menjadi versi terbaik di Kampus Indonesia Mini,” ungkapnya, Rabu (1/11/2023).

Manajer Voice of Voice of SWCU, Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas prestasi yang Voice of SWCU raih. “Kami bersyukur atas prestasi ini. Perjuangan yang tidak mudah membuahkan prestasi yang diharapkan,” terang Juanita.

Menurutnya, kompetisi internasional seperti ini memberikan pengalaman yang lebih dari sekedar pengalaman kompetisi tarik suara saja. Banyak pembelajaran yang didapatkan dari keikutsertaan dalam kompetisi ini.