blank
Petugas melakukan evakuasi pohon tumbang dengan memotong batang pohon agar lalu lintas di jalan Purwodadi-Solo kembali normal.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah Grobogan, Selasa 31 Oktober 2023, malam.

Dampak dari kejadian hujan deras dan angin kencang ini membuat beberapa pohon tumbang di dua lokasi yang berbeda, di waktu yang sama.

Kepala Pelaksanan BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih, menerangkan dua lokasi hujan deras disertai angin kencang terjadi di Jalan Purwodadi-Solo, tepatnya di sebelah BRI Depok dan Jalan MT Haryono Purwodadi.

Wali Kota Lantik dan Ambil Sumpah/Janji 396 PPPK Jabatan Fungsional

“Setelah mendapatkan informasi adanya pohon tumbang di dua lokasi tersebut, anggota kami dari BPBD Grobogan langsung menuju ke lokasi kejadian,” terang Endang.

Evakuasi pohon tumbang ini dilakukan dengan sinergi bersama instansi terkait agar lalu lintas kembali lancar. Pasalnya, pohon tumbang tersebut sempat membuat arus lalu lintas terhambat di Jalan Purwodadi-Solo, Depok, Toroh dan Jalan MT Haryono Purwodadi.

“Dampak pohon tumbang di Jalan Purwodadi-Solo, tepatnya di Desa Depok, Kecamatan Toroh ini sempat membuat arus lalu lintas di wilayah tersebut macet. Namun, bisa terurai lagi setelah tim BPBD Grobogan melakukan evakuasi terhadap pohon yang tumbang,” paparnya.

Insiden pohon tumbang di Jalan MT Haryono juga langsung terkondisikan berkat kerjasama antara BPBD Grobogan, kepolisian, PUPR dan warga setempat. Para petugas gabungan ini langsung mengevakuasi pohon tersebut hingga akhirnya lalu lintas di jalan tersebut kembali normal.

Jaga Kondusivitas, Agar Pemilu Berjalan Adem Ayem Tentrem

“Untuk yang di Depok, selesai evakuasi pada pukul 20.20 WIB. Sementara, untuk yang di MT Haryono selesai pukul 21.15 WIB. Kami imbau kepada masyarakat, agar waspada terhadap cuaca ekstrim di masa pancaroba,” ujar Endang Sulistyoningsih.

Dirinya juga menambahkan, dampak cuaca ekstrim ini menimbulkan bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Mantan Sekretaris Dinas PUPR Grobogan ini mengimbau agar masyarakat memperbaiki atap rumah, memeriksa pohon dan papan reklame atau baliho, membersihkan sampah yang menghambat laju air dan mengikuti informasi perkembangan cuaca BMKG di media sosial atau website resmi BPBD Grobogan.

Tya Wiedya