blank
Para Ketua RT dan Ketua RW di Kecamatan Pacitan, menerima honor insentif yang diserahkan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (mengenakan jaket).(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, minta, agar para Ketua RT dan Ketua RW dapat memberikan peran aktif dalam menjaga kondusivitas daerah. Agar pelaksanaan Pemilu serentak 2024 dapat berjalan adem, ayem dan tentrem (maksudnya, aman, nyaman dan tenteram).

Permintaan Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan) ini, disampaikan bersamaan dengan acara penyerahan honor insentif bagi para Ketua RT/RW se-Kecamatan Pacitan yang dilaksanakan di Desa Sumberharjo dan di Desa Sukoharjo.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, acara itu dilaksanakan Selasa (31/10). Pemkab Pacitan, untuk tahun ini telah menaikkan honor insentif para Ketua RT/RW menjadi Rp.300 ribu. Jumlah tersebut naik 140 persen dibanding sebelumnya yang hanya sebesar Rp125 ribu per bulan.

Terkait ini, Pemkab Pacitan mengalokasikan dana sebesar Rp 1,983 M untuk 6.610 Ketua RT dan Ketua RW  se-Kabupaten Pacitan.

Meski pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih beberapa bulan lagi, namun Bupati minta agar para Ketua RT/RW dapat berperan aktif dalam upaya menjaga situasi lingkungan tetap kondusif. Yakni mulai saat menjelang, pelaksanaan hingga pasca pesta demokrasi.

”Saya berharap dan minta kepada panjenengan semua (Ketua RT/Ketua RW) untuk menjaga situasi masyarakat yang kondusif, adem, ayem dan tentrem.

Situasi kondusif, tandas Bupati, menjadi kunci untuk membangun daerah. Karena sebesar apapun potensi yang dimiliki daerah, tanpa didukung situasi yang kondusif maka pembangunan akan terkendala.
Bambang Pur