blank
Ilustrasi kulit kentang yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kentang atau dengan nama latin Solanum tuberosum L merupakan tanaman umbi-umbian dan tergolong tanaman berumur pendek. Tumbuhnya bersifat menyemak dan menjalar dan memiliki batang berbentuk segi empat.

Kentang jadi salah satu makanan pokok pengganti nasi selain roti, mie, bihun, dan jagung. Kentang termasuk makanan rendah karbohidrat sehingga cocok dikonsumsi sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan.

Kentang mengandung sejumlah mineral dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan potasium yang tinggi sangat penting untuk kesehatan tekanan darah. Selain itu, zat lain dalam kentang yang dapat menurunkan tekanan darah termasuk asam klorogenat dan juga kukoamines.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 3 Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral tinggi. Kentang mengandung serat, vitamin C, B6, protein, mangan, magnesium, dan fosfor. Kentang merupakan sumber antioksidan yang baik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Kentang juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, selenium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium. Aneka nutrisi pada kentang tersebut banyak terdapat di bagian kulitnya.

Dalam proses pengolahan kentang, umumnya bagian kulit akan dibuang karena dianggap tidak memiliki manfaat apapun. Namun faktanya tidak demikian.

Baca Juga:Begini Cara Membuat Keripik Kentang Renyah, Simak yuk!

Sebab, ada beberapa zat gizi yang justru lebih banyak ditemukan pada kulit kentang dibanding daging umbinya. Itu berarti, kulit kentang dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut.

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari kulit kentang adalah melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, kandungan serat pada kentang justru lebih banyak ditemukan pada bagian kulit ketimbang daging umbinya. Jika Anda membuang bagian kulitnya, maka jumlah serat yang dikonsumsi tentu berkurang drastis.

Serat yang terdapat pada kulit kentang merupakan jenis serat larut air bernama pektin yang berfungsi menyerap air dan membentuk gel dan melunakkan feses sehingga melancarkan BAB.

Baca Juga: Cara Bikin Donat Kentang Kenyal

2. Mengendalikan Rasa Lapar

Tak hanya melancarkan pencernaan, pektin yang terkandung pada kulit kentang juga ampuh untuk mengendalikan rasa lapar seseorang dengan cara memperlambat pengosongan lambung. Selain itu, pektin juga akan menghasilkan hormon glucagon-like peptide (GLP-1) and peptida YY (PYY) yang bisa memicu rasa kenyang lebih lama.

3. Bantu Memperkuat Tulang

Berbagai kandungan mineral pada kulit kentang, seperti kalsium, magnesium, fosfor, hingga vitamin K dinilai ampuh untuk memperkuat tulang Anda. Meski jumlah nya tidak terlalu banyak, namun tetap bisa memenuhi kebutuhan harian dengan kombinasi dari berbagai jenis makanan pendukung lainnya.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Kentang termasuk jenis makanan dengan kadar kalium yang tinggi. Dalam proses metabolisme tubuh, kalium berfungsi untuk membuang kelebihan garam sehingga tekanan darah dapat terkontrol. Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa kentang dapat dijadikan salah satu alternatif penurun tekanan darah bagi orang dengan hipertensi.

Baca Juga: Jadi Makanan Pengganti Nasi, Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kentang

5. Bantu Cegah Kanker

Beta karoten, lutein, serta zeaxanthin merupakan jenis antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas pemicu kanker. Ketiga antioksidan ini dapat Anda temukan pada kentang terutama bagian kulitnya.

Itulah tadi pembahasan tentang lima manfaat kulit kentang yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

Claudia