blank
ilustrasi kentang. Foto; Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kentang sering dijadikan makanan pengganti atau alternatif dari nasi. Kentang sendiri termasuk salah satu sumber karbohidrat yang cukup diminati oleh orang-orang.

Dilansir dari Suara.com pada Jumat (30/9/2022), kentang memiliki rasa yang lezat, bisa dijadikan makanan pembuka ataupun makanan penutup yang pasti lezat. Selain itu, kentang juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, ikuti terus penjelasan berikut ya.

Kandungan nutrisi pada kentang

Berikut adalah kandungan nutrisi kentang dalam 100 gram, yang dilansir dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia.

Baca Juga: Mengandung Antioksidan, Tiga Manfaat Tanaman Vanilli Bagi Kesehatan Tubuh

Air : 83,4 gram
Kalori : 62 kkal
Protein : 2,1 gram
Lemak : 0,2 gram
Karbohidrat : 13,5 gram
Serat : 0,5 gram
Kalsium : 63 miligram (mg)
Fosfor : 58 mg
Zat besi : 0,7 mg
Natrium : 7,0 mg
Kalium : 396 mg
Tembaga : 0,4 mikrogram (mkg)
Seng : 0,3 mkg
Vitamin C : 21 mg

Manfaat kentang untuk kesehatan

Nah, kandungan nutrisi pada kentang cukup banyak dan pasti baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya itu? Berikut penjelasannya yang dilansir dari laman hellosehat.com.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Perawatannya, Simak yuk

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Pertama, kentang merupakan makanan yang kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Sejumlah senyawa ini adalah antioksidan yang akan mencegah radikal bebas yang muncul pada tubuh kamu.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kentang mengandung pati resisten yang juga bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Pati resisten ini akan masuk ke dalam usus dan dimakan oleh bakteri baik. Nah, bakteri baik tersebut akan mengubah pati menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek sendiri bermanfaat bagi kesehatan, seperti dapat mengurangi risiko peradangan di usus besar.

Baca Juga: Sering Dianggap Rumput Biasa, Enam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

3. Bebas kandungan gluten

Selain kandungan nutrisi nya yang banyak, ternyata kentang juga bebas gluten. yakni jenis protein yang didapatkan dari biji-bijian, seperti gandum. Jika kamu mengalami masalah saat mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten, seperti penyakit Celiac, kentang bisa menjadi alternatif yang tepat.

4. Menurunkan tekanan darah

Selain manfaat kesehatan diatas, kentang ternyata juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Ya, kentang merupakan sumber kalium yang baik yang jumlahnya bahkan lebih banyak daripada buah pisang. Seperti yang kita tahu, kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah tadi sejumlah penjelasan mengenai manfaat kentang bagi kesehatan. Jangan lupa, terus makan makanan yang sehat meskipun itu sederhana. Semoga bermanfaat.

Claudia