blank
Ilustrasi kaki pecah pecah. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sering beraktivitas di luar ruangan kesana dan kemari hingga tak sadar kaki sudah mengambil ribuan langkah dalam sehari, banyak yang mengalami permasalahan pada kulit kaki seperti pecah-pecah hingga kapalan? Tentu permasalahan tersebut justru menghambat aktivitas.

Dilansir dari Suara.com sebelum itu, perlu untuk kamu tahui jika kulit kaki mempunyai kelenjar minyak yang lebih sedikit daripada bagian lain, yang mengakibatkan semakin mudahnya sel kulit mati yang menumpuk hingga mengakibatkan kulit lapisan luar menjadi kering.

Kaki pecah-pecah umumnya terjadi disertai dengan mengerasnya jaringan kulit atau dikenal dengan sebutan kapalan. Pada area kulit yang tertekan, salah satunya tumit atau telapak kaki, akan muncul bercak keras kulit mati atau kapalan yang kadang gatal. Bila terus berjalan dengan kulit yang keras ini, akan muncul retakan kecil pada tumit. Itulah proses yang menyebabkan kaki pecah-pecah.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Nyeri Kepala Bagian Belakang

Meski jarang menimbulkan komplikasi berbahaya, celah luka akibat telapak kaki pecah-pecah bisa menjadi pintu masuk bakteri, jamur, bahkan virus. Bukan tidak mungkin, infeksi ini dapat menyebar ke lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan selulitis.

Lantas apa saja yang perlu untuk diperhatikan, untuk menghindari dan mengatasi bagi yang terlanjur mengalami kaki kapalan dan pecah-pecah? Berikut adalah solusinya dilansir dari Journal.sociolla ikuti tips ini:

1. Eksfoliasi kulit

Seperti yang dibahas sebelumnya jika sel kulit mati menumpuk membuat lapisan kulit menjadi kering, solusi untuk mencegah dan mengatasi salah satunya adalah melakukan eksfoliasi secara rutin maksimal 2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa gunakan produk body scrub untuk mengangkat sel kulit mati dengan aman, sarannya pakai produk dengan kandungan moisturizing agent agar lebih meningkatkan kelembapan.

Baca Juga:Tips Cegah Kerontokan Pada Rambut

2. Rendam kaki

Sebagai opsi bantuan mempermudah ekfoliasi, merendam kaki dengan air hangat dan garam bisa jadi solusinya. Fungsi dari tahap ini adalah melunakkan sel kulit mati, agar lebih lembap kamu bisa pakai essential oil. Sebagai bonus, step ini memiliki guna untuk meminimalisir kaki yang bau.

3. Gunakan foot buffer

Melakukan tahap eksfoliasi kaki yang kering, setelah direndam dan melunakkan sel kulit mati. Kamu bisa coba gosok perlahan dengan menggunakan foot buffer, karena dengan cara ini dapat membuat permukaan kaki menjadi lebih halus dari sebelumnya.

Perlu untuk diingat juga, melakukan eksfoliasi dengan foot buffer disarankan untuk tidak melakukannya setiap hari, karena jika terjadi maka kulit menjadi semakin tipis dan terluka.

Baca Juga:Tips Merontokkan Ketombe Secara Ampuh dan Alami

4. Gunakan foot cream

Melakukan perawatan tubuh terutama kaki, buka semata-mata cukup menggunakan body lotion. Karena setiap anggota tubuh memiliki perawatan khusus, termasuk kaki. Karena itu, disarankan untuk menjaga kelembapan kulit kaki dengan menggunakan foot cream.

5. Perawatan masker kaki

Skincare bukan hanya ditujukan untuk wajah saja, bahkan kaki juga perlu perawatan seperti menggunakan masker. Untuk apa? Tentu umumnya manfaat dari menggunakan skincare adalah memberikan nutrisi pada kulit, jika kamu memakai masker kaki sebagai perawatan, maka hal ini mampu untuk mencegah permasalahan kaki seperti kering dan pecah.

Nah, bagaimana? Itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat dan mencegah permasalahan yang terjadi pada kaki, karena sejatinya setiap anggota tubuh memiliki kebutuhan dan perawatan yang khusus, semoga informasi membantu.

Claudia