blank
Pemeriksaan mata di Rail Clinic ini juga dilakukan dengan cara yang elektronis sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Foto: Tya Wiedya.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)Rail Clinic atau Kereta Kesehatan singgah di Stasiun Telawa, yang berada di Kecamatan Juwangi, Kabupaten Grobogan, Selasa, 31 Oktober 2023.

Kedatangan Rail Clinic di stasiun wilayah PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang itu sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam bentuk pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dengan kereta kesehatan untuk masyarakat.

Menurut Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan, Bakti Sosial Rail Clinic ini kembali digelar oleh KAI Daop 4 Semarang. Sebelumnya, selama tiga tahun kegiatan ini terhenti.

Pentingnya Kedepankan Eksistensi Perempuan dan Pelestarian Kearifan Lokal

Franoto mengungkapkan, pelaksanaan Rail Clinic terakhir di wilayah Daop 4 Semarang dilaksanakan di Stasiun Comal Kabupaten Pemalang pada tanggal 3 Oktober 2019 lalu.

“Kegiatan Rail Clinic ini terhenti sejak adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Hari ini, Rail Clinic hadir kembali untuk memberikan pelayanan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat khususnya di sekitar Stasiun Telawa Kabupaten Boyolali,” jelas Franoto, saat ditemui di Stasiun Telawa.

Para warga yang berasal dari Desa Pilangrejo dan Juwangi antusias dengan kehadiran Rail Clinic ini. Satu per satu mereka masuk ke Stasiun Telawa untuk mengikuti pengobatan gratis yang dimulai melalui beberapa tahap.

“Masyarakat di sekitar Stasiun Telawa ini bisa menikmati pelayanan kesehatan di Rail Clinic ini, yang fasilitasnya berupa pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama, seperti pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kebidanan, kesehatan mata, laboratorium sederhana, pelayanan farmasi dan penyuluhan kesehatan,” jelas Manajer Kesehatan KAI Daop 4 Semarang, Wakhyo Komantri.

Pada kegiatan Rail Clinic ini, tim kesehatan terdiri dari 3 Dokter Umum, 2 Dokter Gigi, 1 Dokter Spesialis, 2 Bidan, 1 Optometrist, 5 Perawat Umum, 1 Perawat Gigi, 1 Apoteker, dan 1 Assisten Apoteker.

Rail Clinic sendiri merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia.

Rail Clinic dikhususkan untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA, sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Kegiatan Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program TJSL KAI. Pada kegiatan yang diadakan di Stasiun Telawa ini menggunakan rangkaian Rail Clinic generasi keempat, dengan rangkaian terdiri atas empat kereta diesel.

Dua kereta difungsikan sebagai Rail Clinic, sedangkan yang dua lagi difungsikan sebagai Rail Library.

Adapun fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, Kesehatan Ibu & Anak, pemeriksaan kesehatan mata, apotek, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kebidanan lanjutan.

Dua kereta kesehatan juga telah dilengkapi fasilitas EKG, USG dan laboratorium hematology analyzer sysmex berbasis komputer sebagai pemeriksaan penunjang yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit.

Anggota Komsi V DPR RI Sudewo Harapkan Perbaikan Jalan Provinsi di Kabupaten Grobogan Segera Rampung

Sementara Rail Library, di dalamnya terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk kalangan anak sampai pengetahuan umum atau dewasa.

Terdapat juga fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak.

blank
Dokter kandungan Rail Clinic KAI memeriksa pasien yang sedang hamil. Foto: Tya Wiedya.

Partami, warga Juwangi, merasa senang dengan kehadiran Rail Clinic ini. Menurut dia, sebelum kedatangan Rail Clinic, ujung telapak kakinya terasa senut-senut. Hingga akhirnya, ketika mendapatkan kabar pengobatan gratis ini, dirinya langsung menuju ke Rail Clinic.

“Lengkap ya di sini. Saya juga bisa USG tanpa harus jauh datang ke klinik yang ada di kota. Terima kasih PT KAI Daop 4 Semarang atas program kesehatan di dalam kereta ini,” Partami.

Tya Wiedya