Ilustrasi es batu. Foto: SB.id

PADA musim kemarau yang panas seperti sekarang ini, banyak yang kemudian minum disertai es batu. Tujuannya agar mendapatkan kesegaran dan menghilangkan dahaga.

Ternyata, selain menyegarkan minuman, fungsi dan manfaat es batu untuk kesehatan juga ada, meski mungkin tidak terlalu banyak diketahui oleh masyarakat.

Padahal es batu sering dijadikan campuran berbagai jenis minuman ini memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk manusia.

Es batu khususnya banyak digunakan khasiatnya untuk kebutuhan perawatan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Hal ini disebabkan suhu dari es batu memang sangat ideal untuk merawat kulit. Selain itu, es batu pun banyak digunakan untuk keperluan pengobatan dan penjagaan dari berbagai jenis penyakit. Di bawah ini beberapa fungsi dan manfaat bagi kesehatan:

  1. Pemulihan: Para atlet sering menggunakan es batu untuk membantu mengurangi rasa sakit otot dan peradangan setelah Latihan intens. Air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkaan.
  2. Mengurangi nyeri: Paparan dingin dapat mengurangi rasa nyeri dan memberikan bantuan sementara untuk berbagai jenis cedera, seperti kesleo atau regangan.
  3. Meningkatkan dirkulasi: Bergantian antara mandi air panas dan dingin (mandi kontras) dapat meningkatkan dirkulasi darah dan mempromosikan pemulihan yang lebih cepat.
  4. Kewaspadaan mental: Paparan dingin dapat merangsang sistem saraf anda, yang dapat meningatkan kewaspadaan dan energi.
  5. Mengurangi stres : Paparan dingin dapat membantu mengurangi stress dengan merangsang pelepasan endorfin.
  6. Penguatan sistem kekebalan : Beberapa penelitian menyarankan bahwa paparan dingin mungkin dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Namun penting untuk diingat bahwa es batu harus digunakan dengan hati-hati, terutama bagi individu dengan kondisi medis tertentu. Disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis sebelum menggunakan es batu untuk tujuan tertentu.

Hayatun Nufus Kamilah