blank
PKY Jateng menggelar dialog keadilan dan pelantikan pengurus Sahabat Komisi Yudisial (SKY) Kota Semarang. Foto: Dok/PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jateng menggelar dialog keadilan dan pelantikan pengurus Sahabat Komisi Yudisial (SKY) Kota Semarang di kampus Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN) Semarang pada Sabtu (28/10/2023).

Koordinator PKY Jateng, Muhammad Farhan mengungkapkan, Sahabat KY merupakan komunitas muda mudi yang peduli terhadap hukum dan peradilan. Organisasi ini terdiri dari berbagai mahasiswa dilingkup Semarang Raya dan dilantik bertepatan Hari Sumpah Pemuda.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan diskusi ‘Dialog Keadilan’ dengan menghadirkan narasumber anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dan Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang.

“Kegiatan ini untuk memperkuat pemahaman mengenai kelembagaan Komisi Yudisial dan mempererat hubungan antara Komisi Yudisial dan mahasiswa, serta meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya peran lembaga peradilan dalam menjaga supremasi hukum dan keadilan di negara ini,” kata Farhan.

“Kami bangga dan mengapresiasi semangat dan komitmen mahasiswa Jawa Tengah yang bergabung dalam Sahabat KY. Mereka adalah bagian dari agen perubahan dimasa depan. Kami berharap mereka dapat berperan aktif dalam upaya bersama menjaga marwah hakim dan peradilan,” ujarnya.

Menurutnya, acara ini juga menjadi momen istimewa karena diadakan bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda, yang mengingatkan semua tentang pentingnya persatuan dan semangat pemuda dalam membangun bangsa yang adil dan makmur.

Pada dialog sendiri Narasumber yang hadir antara lain, Stephanus Sukirno, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah serta Dr. Noviati, Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang.

Ning S