blank
SIMBOLIS - Secara simbolis Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono menyerahkan hadiah Lomba Wirausaha Muda Pemula (WMP) Tingkat Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda tahun 2023, Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada juara Lomba Wirausaha Muda Pemula (WMP) Tingkat Kota Tegal Tahun 2023.

Penyerahan piala dan uang pembinaan oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Kompleks Balai Kota Tegal, Sabtu (28/10/2023).

Lomba yang dilaksanakan tahunan tersebut memicu kreativitas pemuda untuk mengembangkan usaha, berangkat dari situasi pandemi Covid-19 banyak usaha yang mulai menggeliat, dan melihat potensi tersebut, para wirausaha muda mulai memberanikan diri untuk memulai usaha diberbagai macam sektor usaha.

Usaha kuliner ‘Outlet Olos Kemuning, Oleh-oleh Khas Tegal’, oleh Naelu Hikmah K berhasil menjuarai lomba tersebut, dari pandemi sampai dengan saat ini, order di dominasi secara online 90 persen. Nadia Mahardini, meraih juara 2 dengan ‘Gantibadjoe’, yang bergerak di bidang fashion dengan memanfaatkan limbah sarung goyor. Juara 3 diraih Syahrul Iman, dengan game aplikasi ‘Android Development’, juara ke 4 diraih Ananda Luki M, dengan usaha kuliner ‘Keripik Pisang Coklat’ dan Magdalena Dwi A dengan usaha fashion ‘Lena Anggraeni Atelier.

“Saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-95. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati dan mengingat jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” kata Wali’kota Tegal.

Dikatakan Walikota, di era kemerdekaan ini pemuda tidak perlu lagi berjuang melawan penjajah. Namun bukan berarti perjuangan telah selesai. “Kita masih harus terus bejuang mengisi kemerdekaan ini dengan terus berperan aktif dalam pembangunan demi kemakmuran dan kemajuan bangsa Indonesia,” ungkap Wali Kota.

Dalam sambutannya Dedy Yon juga membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 merupakan momentum untuk mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023 mengusung tema ‘Bersama Majukan Indonesia’ dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

“Saudara-saudara sekalian, terakhir, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,” kata Menpora dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wali Kota Tegal.

Sutrisno