blank
Rektor Untidar Sugiyarto dan Ketua Umum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar menunjukkan kerjasama yang sudah ditandatangani. (Dok KONI Kota Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
KONI Kota Magelang menandatangani kerjasama dengan Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang guna membina atlet-atlet berprestasi, yang diharapkan ke depan bisa mengharumkan Kota Magelang di kancah regional maupun nasional

Penandatangan dilakukan Ketua KONI Kota Magelang Ali Sungkar Sobri, dengan Rektor Untidar Magelang, Sugiyarto, di GOR Samapta, Gelora Sandcen, Sabtu (28/10).

Pada acara itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis beasiswa mahasiswa berprestasi Kota Magelang dari pemkot serempat, dan pembukaan Rektor Cup 2023.

‘’Kerjasama antara Untidar Magelang dengan Koni Kota Magelang tersebut di antaranya tentang pengembangan unit kegiatan mahasiswa (UKM) di bidang olahraga. Saat ini hanya satu cabang olahraga, akan dikembangkan menjadi lima cabang olahraga,’’ kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Parmin.

Dia berharap, pengembangan UKM olahraga di Untidar Magelang diharapkan menjadi cikal bakal program studi baru di Untidar Magelang, yakni Ilmu Keolahragaan. Program studi ilmu keolahragaan akan dibuka pada tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, bila program studi ilmu keolahragaan dibuka menjadi kekuatan tersendiri bagi Kota Magelang, utamanya di bidang olahraga. Karena, para mahasiswa program studi baru tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia, akan menjadi kekuataan di bidang olahraga di Kota Magelang.

‘’Kerjasama lainnya dengan KONI Kota Magelang, yakni memetakan potensi atlet –atlet baru yang berasal dari mahasiswa baru Untidar Magelang. Kita juga akan koordinasikan dengan cabang- cabang olahraga yang ada di Kota Magelang,’’ ujarnya.

Ketua KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar menerangkan, kerjasama yang ditandatangani antara KONI dengan Untidar juga untuk mengikat para atlet berpotensi dari Kota Magelang untuk tetap bisa membela kotanya dalam berbagai even olahraga. Mereka meneruskan pendidikan utamanya di Untidar Magelang.

‘’Dengan adanya kerjasama ini, ada jalur prestasi, ada beasiswa dari pemerintah dan harapannya ada beasiswa dari Untidar. Agar para atlet berprestasi setelah lulus SMA bisa tertarik meneruskan pendidikannya di Untidar. dan tetap bisa membela Kota Magelang,’’ terang Ali.

Melalui kerjasama ini, lanjutnya, diharapkan para atlet potensial dari berbagai daerah yang kuliah di Untidar Magelang dapat terdeteksi, dan menjadi data base Koni Kota Magelang.

‘’Bila kerjasama sudah terjalin dengan baik, otomatis atlet-atlet berpotensi yang baru masuk ke Kota Magelang dan di Untidar bisa terdeteksi. Kemudian, kita garap bareng, sehingga bisa mengharumkan nama Untidar dan Kota Magelang di kancah nasional,’’ harapnya.

Setelah melakukan kerjasama dengan Untidar Magelang, KONI Magelang akan melakukan hal yang sama dengan perguruan tinggi lainnya di Magelang. Yakmi dengan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Doddy Ardjono