Pertemuan Lintas Sektoral Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan di Balai Kelurahan Bangkle Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Pertemuan lintas sektoral ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, peningkatan pelayanan, serta pengembangan kebijakan yang lebih baik dalam upaya mencapai kesejahteraan masyarakat, dengan sinergi dan komitmen bersama, Kecamatan Blora menjunjung tinggi nilai-nilai kesehatan dan kesejahteraan sebagai landasan untuk membangun masa depan yang lebih cerah.

Kegiatan pertemuan Lintas Sektoral Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan (KB) di Kecamatan Blora, Kabupaten Blora Jawa Tengah menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kerjasama lintas sektor, pertemuan lintas sektoral  diselenggarakan di Balai Kelurahan Bangkle, Kamis, (26/10/2023)

Di tengah tuntutan akan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat,

kegiatan ini dihelat sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengevaluasi dan memantau pelaksanaan kerjasama yang telah disepakati sebelumnya.

Kepala Koordinator Balai Penyuluh KB Kecamatan Blora, Drs. Suharyanto, menyampaikan bahwa  beragam aspek penting, seperti pembentukan desa siaga mandiri, kesehatan ibu dan bayi, penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan gizi pada balita, serta upaya pencegahan penyebaran penyakit di masyarakat melalui penanganan pertama dan memastikan kesiapan unsur kesehatan.

“Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit di masyarakat melalui penanganan pertama dan memastikan kesiapan unsur kesehatan,” kata Suharyanto.

Pada kesempatan itu, Camat Blora, Hadi Praseno, S.Sos., mengajak semua pihak untuk lebih aktif mensosialisasikan pola hidup sehat yang mencakup konsumsi makanan bergizi dan perhatian khusus pada gizi balita.

“Kita juga mendorong peningkatan pelayanan posyandu untuk ibu hamil yang sudah memadai dan lebih aktif dalam melayani masyarakat melalui Bidan Kelurahan/Desa yang telah berkantor di setiap kelurahan/desa,” ungkap Camat Blora.

Dalam kesempatan yang sama, dari Koramil 01/Blora, Sertu Trimono,  memberikan pesan penting. Ia mengajak semua pihak di Kecamatan Blora untuk terus bersinergi dalam menyosialisasikan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan memberikan perhatian utama pada gizi balita.

“Kami menekankan pentingnya peningkatan pelayanan posyandu untuk ibu hamil dan kehadiran Bidan Kelurahan / Desa yang lebih aktif melayani masyarakat,” harap Sertu Trimono.

Hadir Forkopimcam Blora,  Kepala UPTD Puskesmas se-Kecamatan Blora, Koordinator Balai Penyuluh KB Blora, Kepala KUA se-Kecamatan Blora, dan Ketua TP PKK Kecamatan Blora.

Kudnadi Saputro