Para juara lomba Gebyar HSN 2023 saat foto bersama Pengurus Ranting NU Tahunan,Muslimat dan Fatayat,

JEPARA (SUARABARU.ID)- Semarak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2023 lalu masih sangat terasa di beberapa daerah. Salah satunya di Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Lomba mewarnai tingkat TPQ.

Dengan tema ‘Gebyar HSN 2023’ Pimpinan Ranting Fatayat NU setempat secara perdana berkolaborasi dengan Pengurus Ranting NU, beserta seluruh banomnya meliputi Muslimat, GP Ansor, IPNU-IPPNU menggelar lomba antar TPQ dan Madrasah Diniyah (Madin) se-Desa Tahunan pada Jum’at (27/10/2023).

Lomba yang digelar di Gedung Muslimat Desa Tahunan ini, menurut Alifatus Sholihah, Ketua Panitia Gebyar HSN 2023, bertujuan untuk melatih mental serta keberanian tampil dalam perlombaan di depan umum, serta mengasah minat dan bakat santri TPQ dan MADIN dalam bidang masing-masing.

Cerdas Cernat saalah satu lomba pada Gebyar HSN 2023.

“Apapun hasil lomba, yang penting semangat selalu untuk seluruh santri dalam menimba ilmu. Keberhasilan kita bukan hanya terletak pada kemenangan, tetapi juga pada proses dan berbagai pengalaman”, kata Alif panggilan akrabnya

“Semoga lomba ini menjadi momen yang berharga bagi kita semua untuk saling belajar, saling memperkaya pengetahuan dan memperkokoh ukhuwah islamiyah diantara kita”, lanjutnya.

“Melalui lomba ini diharapkan dapat semakin mempererat silaturahim antar lembaga TPQ dan Madin se-Desa Tahunan serta Pengurus Ranting NU Desa Tahunan dan banom-banomnya”, terang Alif.

Adapun lomba yang digelar diantaranya,  lomba adzan dan lomba mewarnai bagi santri TPQ. Sedangkan bagi santri MADIN yaitu lomba Albarjanzi mahallul qiyam dan lomba cerdas cermat. Pemenang lomba langsung diumumkan selesai semua lomba.

Berikut nama-nama para juara lomba Gebyar HSN 2023: Juara 1 lomba Adzan dan Iqomah yaitu Fairus Maulana (santri TPQ Nurul Irsyad). Juara 2 dimenangkan oleh Arsa Ardhani Zhafran (santri TPQ Masalikil Huda 5). Sedangkan Juara 3 oleh M. Musa Khoirul (santri TPQ Darul Mukminin).

Juara 1 lomba mewarnai yaitu Renna Tavisa Raya (santri TPQ Darul Mukminin). Juara 2 dimenangkan oleh Arsy Rahmatan Nazilah (santri TPQ Miftahul Jinan 1). Sedangkan Juara 3 oleh Keysha Ashalina Aghnavian (santri TPQ Miftahul Jinan 2)

Lomba Albanjanzi Mahallul Qiyam dilaksanakan dengan sistem berkelompok. 3 santri didelegasikan menjadi 1 kelompok mewakili lembaga madin masing-masing. Juara 1 dimenangkan oleh delegasi dari madin Masalikil Huda 4. Juara 2 oleh delegasi dari madin Masalikil Huda 3. Sedangkan Juara 3 oleh delegasi dari madin Masalikil Huda 5.

Begitupun lomba cerdas cermat dilaksanakan kompetisi antar kelompok delegasi madin, terbagi kedalam 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Juara 1 dimenangkan oleh delegasi dari madin Masalikil Huda 4. Juara 2 oleh delegasi dari madin Masalikil Huda 3. Sedangkan Juara 3 oleh delegasi dari madin Masalikil Huda 5.

Untuk penyerahan hadiah lomba akan dilaksanakan saat rangkaian puncak acara Gebyar HSN 2023 di hari Minggu pagi (29/10). Balaidesa Tahunan. Kegiatan terbuka untuk seluruh warga desa Tahunan tanpa dipungut biaya apapun.

Adapun rangkaian kegiatannya yaitu Senam Fatayat GESIT, Jalan Sehat, Penyerahan hadiah lomba, Cek Kesehatan, Pemeriksaan Gigi. Bekam, Bazar, Musik Religi dan Pembagian Doorprize. Hal yang menarik dan tidak biasa adalah peserta yang hadir wajib memakai sarung. Hal ini sebagai simbol identitas dari santriwan santriwati.

Rangkaian kegiatan Gebyar Hari Santri Nasional 2023 selain lomba antar TPQ dan MADIN se-Desa Tahunan juga telah diawali dengan kegiatan pengajian umum Lailatul Ijtima’ PRNU  di Masjid Masyarul Mujahidin

ua/siti ulfah