blank
Pembukaan Munas ke 3 ISMI di Hotel Pandanaran Semarang. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) dilaksanakan di Hotel Pandanaran Kota Semarang, Jumat (27/10/2023),

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 27-29 Oktober 2023 ini bertema ‘Melalui Digitalisasi, Hilirisasi dan Rekalokal Menuju Saudagar Emas 2045’ dihadiri 24 Provinsi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) ISMI, Juliana Wahid didampingi Owner Hotel Pandanaran yang juga Pengurus ISMI Jateng, Gatyt Sari Chotijah, SH, MM menyampaikan, agenda Munas ke-3 ini akan membahas pemilihan ketua umum, pembahasan anggaran dasar rumah tangga, rencana strategi 5 tahun kedepan, dan penguatan seluruh unsur pengurus baru, yang akan dibentuk melalui voting formatur.

“Diharapkan dengan adanya refresh akan muncul pengusaha-pengusaha baru yang ikut bergabung dengan ISMI, untuk memperkuat fondasi ISMI sendiri,” ujar Juliana.

Saat ini anggota ISMI ada di 24 Provinsi, dimana setiap Provinsi minimal harus ada 200 perusahaan atau pengusaha.

Juliana menyebut, syarat menjadi anggota ISMI selain berbadan hukum, adalah harus seorang pengusaha dan muslim. “Jenis usahanya macam-macam, selain berbadan hukum, harus pengusaha dan muslim,” tukasnya.

“Tema hari ini adalah Melalui Digitalisasi, Hilirisasi dan Rekalokal Menuju Saudagar Emas 2045, karena memang Ismi terkenal dengan teknologi kewirausahaan. Jadi semua unit bisnis harus disentuh dengan teknologi,” terangnya.

“Contohnya, jaman sekarang pasar tradisional dengan pasar online mau tidak mau harus bersaing, dan akhirnya pasar tradisional pun sudah memasarkan produknya melalui teknologi, melalui media sosial untuk bisa bertahan. Itu contoh kecil, apalagi perusahaan-perusahaan besar, ketinggalan jauh dia kalau tidak melakukan teknologi digitalisasi,” jelas Juliana.

Juliana menegaskan, Munas ini tidak ada kaitannya dengan politik. “Ketua umum juga memutuskan, mengarahkan kita untuk menggerakkan ekonomi guna memajukan umat,” tambahnya.

Juliana berharap, pada Munas kali ini, Ilham Habibie yang menjabat Ketua ISMI periode 2018-2023 akan terpilih kembali, karena ISMI masih membutuhkan figur dari Ilham Habibie.

Juliana mentargetkan seluruh Provinsi di Indonesia bisa bergabung semua, namun karena keterbatasan belum semuanya bisa ikut. “Ada daerah-daerah dimana pengusahanya terbatas dan populasi muslimnya juga terbatas, sedangkan kita punya syarat-syarat minimal ada 4 pendiri, yakni ICMI, NU, Muhammadiyah dan MUI.

Mengapa Munas ke-3 ini digelar di Hotel Pandanaran Semarang, Juliana menyebut karena pemilik hotel ini merupakan anggota ISMI. “Kita sudah sepakat bahwa anggota memfasilitasi kegiatan ISMI secara profesional,” tuturnya.

Ning S