blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang melakukan Sosialisasi tentang Literasi Peran Manajemen dan Strategi Eksistensi Usaha UMKM kepada pelaku UMKM Kerupuk Gendar di Tambak Boyo Raya RT 04 RW 08 Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Semarang.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang melakukan Sosialisasi tentang Literasi Peran Manajemen dan Strategi Eksistensi Usaha UMKM kepada pelaku UMKM Kerupuk Gendar di Tambak Boyo Raya RT 04 RW 08 Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Semarang.

Tim PkM terdiri atas Ketua Irene Nathalia Setiawan, SE, MM, anggota Rusdiana Permatasari, SKom, MM dan Wahyu Puspitasari, SE, MM. Mereka dibantu dua mahasiswa yakni Fanny Adhi Oktafiana dan Sekar Arum Ayuningtyas.

Menurut Irene, tujuan kegiatan memberikan pemahaman tentang eksistensi usaha dalam menghadapi menghadapi persaingan dagang online. Selain itu juga membantu pemiliki usaha Kerupuk Gender mendaftarkan izin usaha di kecamatan, mengurus legalitas usaha dengan mendaftarkan usaha di mall pelayanan publik Terminal Mangkang.

”Kami berharap, pemilik usaha Kerupuk Gender, Ibu Ngatinah bisa mendapatkan NIB dan PIRT serta label kemasan yang sah dan halal,” katanya.

Pemilik Usaha Kerupuk Gender, Ngatinah mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Tim PkM USM yang telah membantu usahanya menjadi lebih baik.

”Saya sangat senang karena mendapatkan tambahan pemahaman baru. Selain itu juag usahanya dibantu menguruskan izin dan legalitas usaha. Saya juga bisa memasarkan produk secara online melalui facebook sehingga makin dikenal masyarakat,” ungkapnya.

Muhaimin