blank
Disambut tari-tarian daerah, kehadiran Ganjar Pranowo kejutkan warga Desa Nambah Dadi, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Kamis (26/10/2023). Foto: tmgp

LAMPUNG (SUARABARU.ID)– Kehadiran Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, di Desa Nambah Dadi, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Kamis (26/10/2023), menjadi kejutan tersendiri bagi warga setempat.

Baru saja membuka pintu mobil, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu langsung disuguhi tarian warok, bagian dari kesenian reog. Selanjutnya, Ganjar dipersilakan memasuki rumah seorang tokoh masyarakat setempat. Dia diberi pakaian dan peci hitam khas pemimpin kesenian reog.

Sekitar 5.000 orang sudah menunggu kehadirannya. Tepat di pintu masuk lapangan, lagi-lagi, Ganjar disambut tari reog. Handoyo Cahyo Timur, salah seorang penari reog mengatakan, seluruh seniman reog yang ada di Lampung, menyelenggarakan Gebyar Budaya untuk menyambut kedatangan Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Jateng Loloskan 15 Fighter Kick Boxing ke PON XX1/2024

blank
Ribuan warga Desa Nambah Dadi, menyambut hangat kedatangan Ganjar Pranowo, yang mengenakan pakaian khas daerah Lampung. Foto: tmgp

Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang tepat untuk menjadi pemimpin Indonesia ke depan. Dan di tangan Ganjar, seniman diharapkan bisa tambah berkembang dan sejahtera.

”Semua seniman Lampung membuat Gebyar Budaya ini, untuk menyambut kedatangan Pak Ganjar. Kami berharap, seniman bisa maju dan sejahtera. Dan kesenian kita jangan sampai diklaim negara lain,” katanya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo merasa sangat senang dan terhormat, karena mendapat surprise dari warga. Dijadwalkan, kedatangannya hanya ingin bertemu dengan kelompok masyarakat. Namun justru mendapat sambutan yang luar biasa.

BACA JUGA: Capres Ini Dinilai Mampu Menginspirasi Banyak Orang, Siapa Dia?

”Ini juga surprise buat saya, karena tadi janjinya saya hanya mengunjungi kelompok masyarakat, ternyata mereka membuat acara dadakan, dan ramainya luar biasa. Sanggar-sanggar seni didatangkan, anak-anak menari, saya merasa terhormat,” imbuh dia.

Ganjar juga menyampaikan apresiasinya atas kepedulian warga dan seniman, yang ikut serta melestarikan seni dan budaya.

”Terima kasih banyak pada warga yang peduli terhadap seni budaya, yang akan diteruskan ke anak-anak kita, sekarang ditunjukkan ke masyarakat. Top ya,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, politikus berambut putih itu juga menyerahkan bantuan bibit padi dan jagung, kepada perwakilan petani di desa setempat.

Riyan