blank
Air rebusan kayu manis yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kayu manis atau Cinnamomum merupakan tumbuhan dengan genus famili Lauraceae yang digunakan sebagai penghasil rempah-rempah yang mempunyai banyak manfaat dan dapat digunakan sebagai obat tradisional. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan rasa yang manis.

Tanaman ini masuk dalam jenis rempah yang berasal dari bagian dalam kulit yang kering dengan aroma yang kuat, pedas, dan manis. Masyarakat memanfaatkan rempah ini dalam makanan bakar manis, anggur panas, dan medis.

Kayu manis jadi salah satu tanaman yang kerap kali digunakan sebagai bumbu dapur. Beberapa makanan di Indonesia lazim menambahkan kayu manis sebagai bagian dari perasa atau bumbu dalam masakannya. Namun, ternyata kayu manis juga memiliki khasiat medis yang cukup baik bagi tubuh.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Terdapat sejumlah manfaat kayu manis untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan, di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes, mencegah infeksi gigi dan mulut, hingga meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, tanaman yang juga dikenal dengan nama Cinnamomum ini juga dikategorikan sebagai tanaman herbal dan sudah digunakan sebagai obat-obatan tradisional sejak ratusan tahun yang lalu.

Salah satu cara menikmati kayu manis sebagai obat tradisional adalah dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat mengonsumsi air rebusan kayu manis bagi kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Usus Besar Hingga Kontrol Gula Darah

1. Menurunkan Risiko Terkena Kardiovaskular

Kayu manis mengandung sebuah senyawa yang dikenal dengan nama Cinnamaldehyde. Dilansir dari artikel dalam jurnal “Critical Reviews in Food Science and Nutrition”, senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat kinerja jantung menjadi normal dan teratur.

Selain itu, mengonsumsi air rebusan kayu manis setidaknya setengah gelas setiap harinya dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat yang dapat memicu kardiovaskular.

2. Membantu Mengurangi Nyeri saat Menstruasi

Air rebusan kayu manis ternyata dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi pada wanita.

Baca Juga: Bosan dengan Bubur yang Itu-itu Saja? Cobain Bubur Jagung Manis yuk..

Dilansir dari artikel dalam jurnal “The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial”, air rebusan kayu manis yang dikonsumsi sebanyak setengah hingga 1 gelas setiap harinya pada masa menstruasi dapat menurunkan rasa nyeri akibat proses menstruasi.

Hal ini disinyalir lebih efektif daripada mengonsumsi placebo guna menurunkan efek nyeri haid.

3. Menangkal Zat Radikal Bebas

Kayu manis yang kaya dengan kandungan senyawa Cinnamaldehyde juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang datang dari luar tubuh.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Bumbu Dapur yang Aman bagi Penderita Asam Lambung

Dilansir dari situs halodoc.com, senyawa ini dapat menangkal eksresi protein tertentu di dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu terjadinya kanker. Selain itu, zat ini juga dapat bekerja dengan melancarkan peredaran darah dari dan menuju jantung.

Meskipun dapat dijadikan sebagai pencegah kanker, namun efek dari kayu manis ini alangkah baiknya dikombinasikan dengan beberapa tanaman herbal lainnya yang direbus dan airnya kemudian diminum.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi rebusan air kayu manis bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia