blank
Ilustrasi segar saat bangun pagi. Foto: Dok/Pixabay

5. Waktu tidur konsisten
Bangun dan memulai tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat mengaktifkan jam alami tubuh. Tubuh akan terbiasa dengan aturan tersebut dan akan secara otomatis menyesuaikan diri untuk tidur atau bangun di waktu yang sama.

6. Jauhkan gawai saat mendekati waktu tidur
Kebiasaan memeriksa handphone pertama kali saat bangun tidur membuat benda ini sering diletakkan di samping kasur.

Faktanya, handphone dan gawai sejenis membuat kamu terpapar dengan blue light. Cahaya ini dianggap dapat merangsang otak dan menghalangi tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur tidur. Sebaiknya jauhkan handphone dan gawai lainnya saat waktu tidur kamu sudah dekat.

7. Hindari makan sesaat sebelum tidur
Agar segar saat bangun pagi, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat mendekati jam tidur.

Faktanya, konsumsi makan berat termasuk yang tinggi karbohidrat sebelum waktu tidur bisa membuat kamu merasa mulas atau kembung. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan kamu saat tidur.

8. Olahraga teratur
Olahraga rutin yang dilakukan setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur. Agar kamu segar bangun pagi, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Lebih disarankan untuk berolahraga pagi atau sore hari. Jika kamu hanya bisa berolahraga malam hari, beri jarak 2 jam dari waktu tidur kamu. Pasalnya, peningkatan adrenalin saat olahraga dapat mengganggu kualitas tidur kamu.

Sudah melakukan cara-cara di atas, namun masih merasa tak segar bangun pagi? Segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Ning S