blank
Ilustrasi segar saat bangun pagi. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sehat dan segar saat bangun pagi menjadi harapan semua orang. Merasa segar saat bangun pagi bisa membantu kamu tambah semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sebagian orang mungkin sulit merasa segar di pagi hari, meski sudah tidur dengan durasi cukup. Akibatnya, mereka mudah lelah dan tidak fokus sepanjang hari. Apakah kamu salah satunya?

Sebenarnya, setiap orang bisa merasa segar saat bangun pagi, asalkan tahu cara mendapatkan kualitas tidur malam yang baik.

Mengutip dari Klikdokter, ada beberapa tips segar bangun pagi yang bisa kamu terapkan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur malam yang baik, agar bisa segar saat bangun pagi.

1. Hindari kafein, alkohol, dan nikotin
Kafein merupakan kandungan pada kopi, yang berguna untuk membuat kamu tetap terjaga. Jika ingin bangun tidur dalam keadaan segar, jauhi kafein, alkohol, nikotin antara 4–6 jam sebelum tidur.

2. Ubah suasana kamar
Lingkungan kamar yang tenang dan sejuk dapat membantu kamu lebih mudah tertidur. Jauhkan komputer, televisi, dan gawai dari jangkauan. Cara ini dapat membantu memusatkan pikiran kamu untuk bisa tertidur tanpa gangguan.

3. Buat kebiasaan sebelum tidur
Cobalah membuat kebiasaan rutin sebelum kamu tidur. Contoh kebiasaan yang dimaksud, yaitu mandi sebelum tidur, membaca buku, atau bermeditasi.

4. Matikan lampu kamar
Ingin segar saat bangun tidur? Matikan lampu kamar tidur kamu. Penelitian menyebutkan, tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuat kamu lebih cepat terlelap.